Witan Sulaeman Winger Termuda di Skuad Timnas Indonesia

Witan Sulaeman Winger Termuda di Skuad Merah Putih
Witan Sulaeman Winger Termuda di Skuad Merah Putih (Foto : )
Witan Sulaeman winger termuda di skuad Timnas Indonesia. Timnas Indonesia Senior saat ini dihuni para pemain muda usia dan Witan Sulaeman merupakan winger termuda di skuat Garuda.
Sosok Witan Sulaeman sebagai pemain sepak bola profesional yang bermain di posisi sayap skuad Garuda. Witan Sulaeman merupakan pemain termuda di Timnas Indonesia saat ini, untuk posisi pemain sayap tersebut.Witan Sulaeman sudah dua kali tampil sebagai pemain inti saat uji coba melawan Afghanistan dan saat duel melawan Thailand di laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6).Witan Sulaeman saat ini bergabung di klub Serbia, FK Radnik Surdulica. Tidak ada yang mengetahui bahwa semasa kecil atau awal titik balik pertama kali dirinya diperkenalkan dengan dunia sepak bola, adalah dari sang ayah.Pria kelahiran Palu, 8 Oktober 2001 itu juga menceritakan awal mula dia bisa berkarir di sepak bola hingga saat ini tergabung di Radnik dan skuad Garuda.“Dahulu saat kecil ayah selalu mengantarkan saya bermain sepak bola, namun beliau tidak pernah menemani saya berlatih hingga akhir, selalu saya ditinggalkan karena dia juga sibuk bekerja. Namun karena itu juga saya menjadi mandiri, disaat teman-teman lain ditemani latihan oleh orang tua mereka, saya tidak,” kenang Witan Sulaeman.Sekolah sepak bola pertamanya adalah SSB Galara tahun di 2013 hingga 2015, kemudian Witan melanjutkan sekolah sekaligus menerima pelajaran sepak bola di SKO Ragunan, dari tahun 2016 hingga 2019.Witan Sulaeman memulai karir sepak bola profesionalnya yaitu saat menanda tangani kontrak bersama klub liga 2 PSIM Yogyakarta di tahun 2019 hingga 2020. Tak lama berkarir di sepakbola dalam negeri, Witan ditawari untuk bermain di klub luar negeri oleg agen pemain.“Tahun 2020 agen saya menawarkan untuk bermain di salah satu klub Serbia FK Radnik Surdulica,” tuturnya.Dia pun bergabung bersama Klub Serbia FK Radnik Surdulica mulai bulan Februari 2020 dengan jangka waktu kontrak tiga setengah tahun. Namun karena pandemi Covid-19 disana, selama dua setengah bulan, dia kembali ke Indonesia.Witan baru mendapatkan debut profesionalnya di klub tersebut di tanggal 14 Juni 2020, bermain menggantikan Bogdan Stamenković kala laga melawan Radnicki Nis dan mengalami kekalahan 2-4.“Tentu senang dengan pengalaman bermain pertama kali saat itu di Radnik, rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata,” sebut Witan.Untuk karirnya di Timnas Witan menceritakan pernah ikut pemusatan latihan dan seleksi untuk Timnas U-16 masa Fakhri Husaini.“Namun sayang, saat itu PSSI di suspend oleh FIFA, sehingga tim tersebut dibubarkan, tidak diteruskan, karena tak bisa mengikuti ajang internasional apapun,” katanya.[caption id="attachment_470328" align="alignnone" width="900"]
Witan Sulaeman Winger Termuda di Skuad Timnas Indonesia Witan Sulaeman memulai karir sepak bola profesionalnya yaitu saat menanda tangani kontrak bersama klub liga 2 PSIM Yogyakarta di tahun 2019 hingga 2020. (Foto : PSSI)[/caption]Kesempatan Witan untuk bermain di Timnas datang kembali, debut internasional pertama Witan di Timnas Indonesia kelompok umur (Timnas U-19) pada Turnamen Toulon tanggal 31 Mei 2017 saat jumpa Brazil.Setelah itu, ditahun yang sama dirinya mencetak gol dalam gelaran AFF U-18 Championship tahun 2017 menang melawan Brunei 8-0, dia juga mencetak gol saat perebutan juara ketiga melawan Myanmar.Pada Kejuaraan AFC U-19 2018 yang diadakan di Indonesia, Witan mencetak dua gol, dalam kemenangan penyisihan grup atas Chinese Taipei dan kemenangan 1-0 atas Uni Emirat Arab yang membawa timnya ke perempat final untuk yang pertama waktu dalam 40 tahun.Witan juga adalah bagian dari Timnas U-23 Indonesia yang meraih perak di Asian Games 2019 Filipina. Dia menerima panggilan untuk bergabung dengan tim nasional sepak bola senior Indonesia pada Mei 2021. Dia mendapatkan debut pertamanya di Timnas senior dalam pertandingan persahabatan tanggal 25 Mei 2021 di Dubai melawan Afghanistan. Profil Witan Sulaeman Nama Lengkap: Witan SulaemanTempat/Tanggal Lahir: Palu, 8 Oktober 2001Tinggi Badan: 170 cmBerat Badan: 65 kgPosisi: Pemain Tengah (Sayap)Klub: FK Radnik Surdulica  Karir Klub Junior: