Di Tengah Kontroversi, Ketua KPK Lantik 1.271 Pegawai Lolos TWK Jadi ASN

Di Tengah Kontroversi, Ketua KPK Lantik 1.271 Pegawai Lolos TWK Jadi ASN (Foto ANTV-Jojo)
Di Tengah Kontroversi, Ketua KPK Lantik 1.271 Pegawai Lolos TWK Jadi ASN (Foto ANTV-Jojo) (Foto : )
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri resmi melantik 1.271 pegawainya yang lolos TWK atau Tes Wawasan Kebangsaan . Mereka dilantik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).
Pelantikan terhadap ribuan pegawai lembaga antirasuah itu digelar di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Selasa (1/6/2021).Pelantikan tersebut hanya diwakilkan oleh 53 pegawai KPK yang hadir secara langsung ke Gedung Juang KPK.Sementara sisanya, dilantik secara daring atau virtual dari tempat tinggalnya masing-masing.Prosesi pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Firli Bahuri. Kemudian diikuti secara simbolis oleh perwakilan dua pegawai yang lolos TWK.Kedua pegawai itu yakni, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Hardianto Harefa serta Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.Dalam sambutannya, Firli mengajak insan KPK menjiwai Pancasila dan tak terpengaruh dengan kekuasaan apa pun."KPK berpedoman teguh terhadap nilai-nilai Pancasila agar tetaP istiqomah, independen, dan bebas dari pengaruh kekuasaan apa pun dan mana pun dalam melaksanakan tugasnya," ujar Firli, Selasa (1/6/2021).
 Firli juga mengajak seluruh insan KPK untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) dan kepastian hukum terhadap sesama.Firli mengatakan, tiap tindakan pegawai KPK harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.Hal itu diperlukan agar independensi pegawai KPK tidak tergerus. Firli mengatakan independensi KPK harus tetap ada meski telah menjadi ASN. Emzy Ardiwinata-Jhon Donbosco | Jakarta