Asnawi Siap Berikan Kemampuan Terbaiknya Untuk Timnas Indonesia

Asnawi Mangkualam Bahar bersyukur kembali dipanggil pelatih Shin Tae-yong
Asnawi Mangkualam Bahar bersyukur kembali dipanggil pelatih Shin Tae-yong (Foto : )
Asnawi siap berikan kemampuan terbaiknya untuk Timnas Indonesia. Asnawi kembali dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk ikut TC Timnas Senior di Dubai, UEA guna menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022.
Mantan pemain PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar kembali mendapat kesempatan untuk ikut skuat asuhan Shin Tae-yong dalam persiapan menghadapi tiga pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.Nama Asnawi Mangkualam Bahar masuk dalam 28 nama pemain yang akan dibawa Shin Tae-yong ke Uni Emirat Arab 17 Mei 2021. Meskipun Asnawi tidak bergabung di pemusatan latihan Timnas Senior di Jakarta sejak 1 Mei 2021, namun pemain klub Ansan Greener Liga 2 Korea Selatan ini masih masuk dalam proyeksi Shin Tae-yong.Asnawi Mangkualam Bahar mengatakan bahwa dirinya bersyukur kembali dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk bergabung bersama timnas Indonesia. Apalagi skuat Garuda akan menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 bulan Juni 2021 mendatang.Timnas Indonesia masih menyisakan 3 pertandingan terakhir di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Meski sudah tidak mungkin lolos, Shin Tae-yong memasang target menang menghadapi Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.Ketiga pertandingan sisa babak kualifikasi Piala Dunia 2022 tersebut semuanya akan diselenggarakan di Uni Emirat Arab. AFC telah memilih UEA sebagai lokasi sentralisasi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia untuk Grup G."Tentu saya senang kembali dipanggil pemusatan latihan timnas Indonesia. Insya Allah saya bergabung dengan Timnas Indonesia pada 18 Mei 2021. Sekarang saya masih pemulihan cedera di Korea Selatan sampai 17 Mei 2021," kata Asnawi.
Asnawi Mangkualam Langsung Bergabung ke TC Timnas di UEA Asnawi Mangkualam mengalami cedera saat membela Ansan Greeners ketika kalah 0-1 dari Seoul E-Land pada pekan kesembilan K League 2, pada 2 Mei 2021. Pemain yang pernah membela PSM Makassar ini harus absen selama dua pekan.Saat ini, skuat Garuda sedang menggelar pemusatan latihan di Jakarta. Evan Dimas dan kawan-kawan akan berangkat ke Dubai pada 17 Mei 2021 untuk mematangkan persiapan.Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sebelumnya memanggil 38 pemain untuk pemusatan latihan Piala Dunia 2022 kali ini. Enam nama pemain di antaranya berasal dari luar negeri, termasuk Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott."Kalau bisa meraih kemenangan di tiga pertandingan itu, tentu bisa memperbaiki ranking Timnas Indonesia di FIFA. Yang jelas kami harus kerja keras, fokus, dan bermain maksimal," tambah Asnawi.Saat ini Asnawi juga menjalani peran yang tidak biasa selama membela Ansan Greeners. Biasa bermain sebagai bek kanan, Asnawi kini diplot oleh pelatih Kim Gil-sik sebagai gelandang kanan atau penyerang sayap kanan.Hal tersebut membuat mantan gelandang PSM Makassar ini harus belajar lagi, namun ia terus menikmati setiap tantangan yang diberikan oleh pelatih kepadanya. Meski, dirinya mengaku belum merasa nyaman sepenuhnya ketika harus dimainkan sebagai seorang winger."Kalau nyaman, memang belum. Posisi di winger belum, harus adaptasi lagi di posisi baru. Harus tahu kapan naik-turun, kapan membawa bola dan kapan mengumpan. Butuh adaptasi, tidak bisa instan. Sama seperti dahulu, dari gelandang ke bek kanan. Butuh adaptasi juga saat pertandingan, biar menyatu dengan teman-teman lain," tukas Asnawi.  Berikut Daftar 28 Pemain Timnas Indonesia Yang Dibawa ke Dubai, UEA
  1. Nadeo Argawinata, Bali United
  2. M Adi Satryo, PS Sleman
  3. Aqil Savik, Persib
  4. Andy Setyo, Tira Persikabo
  5. Rachmat Irianto, Persebaya
  6. Rizki Ridho, Persebaya
  7. Ryuji Utomo, Penang FC
  8. Nurhidayat Haji, PSM
  9. Elkan Baggot, Kings Lynn Town
  10. Firza Andik, Tira Persikabo
  11. Pratama Arhan, PSIS
  12. Rifad Marasabessy, Borneo FC
  13. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners
  14. Koko Ari, Persebaya
  15. Evan Dimas, Bhayangkara FC
  16. Ady Setiawan, Persebaya
  17. Kadek Agung, Bali United
  18. Syahrian Abimanyu, Newcastle Jets
  19. Genta Alfaredo, Semen Padang
  20. Witan Sulaeman, FC Radnik Surdulica
  21. Adam Alis, Bhayangkara FC
  22. Egy Maulana, Lechia Gdansk
  23. Yakob Sayuri, PSM
  24. Osvaldo Haay, Persija
  25. Kushedya Yudo, Arema FC
  26. M Rafli, Arema FC
  27. Saddam Emiruddin, PS Sleman
  28. Braif Fatari, Persija