Begini Cara Berpuasa Asnawi Mangkualam di Korea

Begini Cara Berpuasa Asnawi Mangkualam di Korea
Begini Cara Berpuasa Asnawi Mangkualam di Korea (Foto : )
Bek Ansan Greeners asal Indonesia Asnawi Mangkualam mengaku tetap menjalankan ibadah puasa saat menjalani latihan bersama klubnya, namun tidak saat bertanding.
Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 ini mungkin akan terasa berbeda bagi pemain sepakbola asal Indonesia, Asnawi Mangkualam.Pasalnya, Asnawi tengah berada di Korea Selatan untuk merumput di K-League 2 bersama klubnya Ansan Greeners FC.Di sana ia harus berpuasa lebih lama dari waktu di Indonesia. Pemain berusia 21 tahun itu harus menjalani puasa selama 15 jam lebih.Asnawi sendiri mengaku masih tetap menjalani ibadah puasa saat latihan, namun saat bertanding, pemain kelahiran 1999 itu memilih untuk tidak berpuasa."Kalau sedang bertanding gak puasa, tapi kalau latihan puasa," kata Asnawi, dalam bincang virtual dengan media, Selasa (4/5/2021).Sampai saat ini Asnawi mengatakan masih terus beradaptasi dengan kehidupan di negeri Ginseng tersebut. Sementara soal makanan, pria yang berposisi sebagai bek sayap kanan itu mengatakan tak masalah karena bisa memasak sendiri.Ia juga mengaku agak sulit untuk menjalani ibadah sholat Ied saat Idul Fitri nanti, lantaran tak bisa bebas keluar dari mess.Makanya, Asnawi hanya melakukan hal ini saat ngabuburit menunggu jam berbuka puasa setiap harinya."Saya sih ngabuburit aja di kamar cuma nonton film.""Ga ada rencana untuk sholat Ied. Situasi disini yang tidak memungkinkan untuk berkumpul juga sama teman-teman Indonesia. Karena pengawasan corona disini ketat sekali, daripada kenapa-kenapa, nanti aku bisa dikarantina lagi jadi lebih baik engga (menjalani sholat Ied)," ungkap Asnawi.Asnawi Mangkualam Bahri adalah orang Indonesia pertama yang merumput di Liga Korea Selatan. Ini juga pertama kalinya Asnawi berada sangat jauh dari keluarga, terlebih di tengah suasana pandemi seperti ini.Untuk pulang kampung demi merayakan Idul Fitri bersama keluarga sudah tak mungkin dilakukan.Meskipun sedih, Asnawi mengaku tak ingin larut dalam kesedihan karena masih bisa bersilahturahmi secara virtual lewat telepon."Pasti sedih. Tapi sebelum pergi memang sudah disetting seperti itu. Paling nanti bisa
video call aja nanti pas Lebaran. tapi aku disini juga setiap hari berhubungan sama keluarga, makanya aku juga ga ada kangen rumah," ucapnya.Asnawi adalah salah satu dari 34 pemain Indonesia yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia yang dimulai sejak 1 Mei lalu.Namun, Asnawi mendapatkan dispensasi untuk menyusul bergabung dengan rekan-rekannya karena masih mengalami cedera dan menyelesaikan pertandingan dengan timnya.Asnawi tak sendiri, ada sejumlah pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri juga dipanggil ikut TC timnas, seperti gelandang serang Newcastle Jets Syahrian Abimanyu, bek Penang FC Ryuji Utomo, dan Egy Maulana Vikri yang bermain di Lechia Gdansk.