PBSI Siapkan Program Latihan Khusus Menyambut Perubahan Sistem Skor 5x11

PBSI Siapkan Program Latihan Khusus Menyambut Perubahan Sistem Skor 5x11
PBSI Siapkan Program Latihan Khusus Menyambut Perubahan Sistem Skor 5x11 (Foto : )
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyambut gembira wacana perubahan format skor dari 3x21 menjadi skor 5x11.
Karena perubahan skor 5x11 ini akan menguntungkan para pemian-pemain Indonesia dari segi teknik dan menjaga stamina atlet agar tak terlalu cepat capek."Untuk pemain mereka lebih suka karena dari segi teknik, kecepatan, dan skill lebih luwes. Kami menyambut baik dan gembira bila nanti memang jadi diterapkan," lanjutnya.Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) secara resmi sudah mengajukan usulan perubahan format skor ini.Ternyata usulan tersebut mendapat tanggapan baik dari BWF, sehingga usulan ini akan dibahas pada Rapat Umum Tahunan BWF tanggal 22 Mei 2021 mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia.Menurut PBSI sendiri, para pebulutangkis Indonesia sendiri tak akan kesulitan beradaptasi dengan perubahan skoring ini." Saya rasa pemain kita tidak akan terlalu kaget karena dalam latihan sudah ada program seperti itu. Main dengan poin-poin kecil," ucap Rionny.Namun untuk menghadapi hal tersebut, Rionny menyatakan akan menyiapkan beberapa menu program latihan khusus."Untuk perubahan latihan, kami sudah mulai dari sekarang, menyesuaikan permainan dengan poin-poin kecil. Poin 11 atau poin tujuh. Latihan fokus dan konsentrasi utamanya,” ungkapnya."Nanti tambahan dan pengembangan ada di teknik servis dulu. Karena kalau kita salah saja servis, difault misalnya, itu sudah membuang poin dan merugikan. Untuk program lain, saya dan tim pelatih masih menyusun dan mempelajari," tambah Rionny.Meskipun usulan ini banyak menguntungkan para pemain Indonesia, bukan berarti tantangan menjadi mudah bagi tim Merah-Putih. Dengan bermain sistem 5X11 itu maka pemain harus sudah fokus sejak awal pertandingan.Sang pemain akan kesulitan apabila tidak panas sejak awal pertandingan.“Tidak mudah memang karena berdasarkan yang saya lihat, khususnya pemain tunggal, kalau sudah menang dua gim lalu lawan mengambil gim ketiga, tekanan suka berbalik. Akhirnya kalah 3-2," jelas kakak dari pebulutangkis Rexy Mainaky itu.Format skor 5X11 dengan sistem
rally point diyakini bisa menggantikan format skor 3X21 tanpa mengurangi keseruan pertandingan bulutangkis.Selain itu, durasi dapat dipangkas dan para pemain tidak perlu menghabiskan stamina yang ekstra.