Inilah 4 Tempat Saksi Bisu Peristiwa Pembantaian Besar-besaran di Tanah Air

Inilah 4 Tempat Saksi Bisu Peristiwa Pembantaian Besar-besaran di Tanah Air (Foto Kolase)
Inilah 4 Tempat Saksi Bisu Peristiwa Pembantaian Besar-besaran di Tanah Air (Foto Kolase) (Foto : )
Dalam perjalanan sejarah Bangsa Indonesia, pernah terjadi peristiwa pembantaian besar-besaran yang cukup sadis dan tercatat dalam sejarah kelam.
Menilik sejarah puluhun tahun silam, pembantaian sadis pernah terjadi dan hampir menyebar di seluruh wilayah Indonesia.Berikut 4 tempat yang menjadi saksi bisu persitiwa pembantaian dengan pertumpahan darah di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.
1. Makam Juang Mandor. Makam Juang Mandor merupakan salah satu tempat bersejarah di Kalimantan Barat, tepatnya di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak.Tempat ini saksi bisu sejarah terjadinya pembunuhan besar-besaran secara keji dan kejam oleh Tentara Jepang terhadap tokoh-tokoh masyarakat.Termasuk pemuka-pemuka masyarakat, kaum cendikiawan dan para pejuang.Peristiwanya terjadi pada tanggal 28 Rokutgatsu 2604 atau bertepatan pada tanggal 28 Juni 1944.[caption id="attachment_446730" align="aligncenter" width="900"] Makam Juang Mandor (Foto majalahmataborneonews.com) Makam Juang Mandor (Foto majalahmataborneonews.com)[/caption]Berdasarkan surat kabar Jepang yang terbit di Pontianak “Borneo Shinbun” yang terbitan Sabtu, 1 Sigatsu 2604 atau 1 Juli 1944. Disebutkan sebanyak 21.037 jiwa korban pembunuhan massal.Mereka dikuburkan di 10 buah makam di Mandor.Sebagai ungkapan rasa hormat dan penghargaan kepada pejuang yang telah gugur pada peristiwa tersebut. Maka dibangunlah Monumen Makam Juang Mandor yang peresmiannya ditetapkan pada tanggal 28 Juni 1977.Pemilihan tanggal itu karena bertepatan dengan tanggal terjadinya peristiwa pembunuhan tersebut.