Drawing Piala Menpora 2021 Diikuti 18 Tim Peserta dan Digelar Senin Malam

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali (Foto : )
Drawing Piala Menpora 2021 diikuti 18 tim peserta dan digelar Senin malam. Piala Menpora menggunakan format babak penyisihan grup dengan sistim round robin yang terbadi dalam 4 grup.
Drawing Piala Menpora 2021 digelar pada Senin (8/3/2021) malam hari nanti pukul 19.30 WIB di Hotel Fairmount, Jakarta. Sebanyak 18 klub Liga 1 akan mengikuti undian grup dalam ajang turnamen pramusim Piala Menpora 2021.Sebelum diadakan proses drawing atau undian grup, PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar pertemuan dengan peserta turnamen Piala Menpora pada Senin (8/3). Panitia penyelenggara akan menghelat acara manager's meeting di tempat yang sama."Manager's meeting kali ini akan membahas hal-hal penting yang terkait dengan perhelatan turnamen. Semuanya akan diinformasikan secara detail dan transparan," papar Akhmad Hadian Lukita, Ketua Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021.
Format Grup Piala Menpora 2021 Piala Menpora 2021 diikuti oleh 18 klub Liga 1. Para peserta akan dibagi ke dalam 4 grup. Artinya masing- masing grup terdiri dari 4 tim, Namun karena jumlah peserta 18 tim maka ada 2 grup yang berisi 5 tim dan dua grup lainnya hanya kebagian 4 klub.Sesuai rencana fase penyisihan grup akan digelar di empat kota yang akan menjadi tuan rumah babak penyisihan Grup. Keempat kota tersebut adalah Solo, Malang, Sleman, dan Bandung.Sebelum undian digelar Senin 8 Maret 2021 malam, ada informasi yang menyatakan bahwa empat tim besar akan menjadi unggulan disetiap grup. Keempat tim tersebut adalah Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Arema FC tidak akan berada dalam satu grup yang sama di Piala Menpora 2021 nanti.PT Liga Indonesia Baru (LIB) beralasan bahwa faktor keamanan dan ketertiban menjadi pertimbangan bagi pihaknya untuk memisahkan ke 4 tim besar tersebut ke dalam grup yang berbeda.Kendati demikian, belum diputuskan mengenai grup dan kota tempat dilangsungkannya pertandingan bagi Persija, Persib, Persebaya, dan Arema tersebut."Ada juga soal kesiapan pemerintah daerah dan masukan dari klub Liga 1. Banyak pertimbangan yang mengharuskan adanya pemisahan tempat serta grupnya," tutur Sudjarno, Direktur Operasinal LIB.Undian pembagian grup peserta turnamen Piala Menpora 2021 akan dilakukan Senin, 8 Maret 2021 malam. Berdasarkan hasil undian inilah peserta akan dibagi dalam 4 grup dan panitia juga akan memutuskan di grup mana keempat tim unggulan tersebut akan bermain di kota yang akan ditentukan.Sejumlah hadiah pun sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara dalam turnamen pra musim yang mulai bergulir pada Minggu, 21 Maret 2021 mendatang. Pembukaan Piala Menpora 2021 dipastikan akan diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo (DIY).Klub juara akan mendapatkan hadiah senilai Rp2 miliar, runner-up Rp1 miliar, sedangkan peringkat ketiga dan keempat masing-masing akan menerima hadiah senilai Rp750 juta dan Rp500 juta.Turnamen Pra Musim yang akan berlangsung hingga 25 April 2021 tersebut semakin menarik karena Panitia juga menyediakan hadiah untuk tim fair play, pemain terbaik, top skor, pemain muda terbaik, serta wasit terbaik.