Kehilangan Motivasi Saat Anda Depresi? Berikut Cara Menanganinya

depresi ilustrasi
depresi ilustrasi (Foto : )
Seseorang kerap kali kehilangan motivasi saat gejala depresi timbul. Berikut beberapa kiat untuk menangani kehilangan motivasi dan bagaimana cara mendapatkannya.  
Salah satu gangguan mental yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah depresi. Dilansir dari
website healthline.com , sekira 16,2 juta orang dewasa di Amerika Serikat atau sekitar 6,7 persen mengalami setidaknya satu episode depresi mayor pada 2016.Gejala depresi bisa berkisar dari ringan sampai berat, dari depresi traumatis hingga depresi kronis.Depresi traumatis disebabkan oleh peristiwa tertentu seperti kematian, kegagalan pernikahan, kesulitan keuangan dan lain-lain.Beberapa gejala depresi diantaranya kurangnya minat pada aktivitas yang menyenangkan, insomnia, terlalu sering tidur, kehilangan nafsu makan,  emosi yang kurang stabil, kesulitan berkonsentrasi, citra diri yang buruk.Bahkan depresi yang paling fatal bisa menimbulkan pikiran untuk bunuh diri. Lalu bagaimana kiat untuk mendapatkan motivasi?Jika melakukan sesuatu tampak terlalu membebani, mulailah dari yang kecil. Tetapkan tujuan kecil yang dapat dikelola.Saat sudah memenuhi tujuan ini, Anda dapat mulai menambahkan lebih banyak tujuan lainnya sampai akhirnya terpenuhi. Berikut beberapa saran untuk Anda mulai.
  • Bangun dari tempat tidur dan keluar dari piyama

Tindakan sederhana untuk bangun di pagi hari adalah sebuah kemenangan pada hari itu. Buat beberapa catatan tempel dengan penegasan positif seperti, “Ya, saya bisa melakukannya”.Setiap perjalanan panjang dimulai dengan satu langka, jangan pernah menyerah dan lain sebagainya. Otak Anda akan mencerna pikiran apapun yang Anda buat. Berikanlah pikiran-pikiran positif untuk menjalani hari.
  • Olahraga ringan