Panglima TNI Berangkatkan Pasukan Maritim TNI Konga XXVIII-M ke Lebanon.

Panglima TNI Berangkatkan Pasukan Maritim TNI Konga XXVIII-M ke Lebanon.
Panglima TNI Berangkatkan Pasukan Maritim TNI Konga XXVIII-M ke Lebanon. (Foto : )
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto melepas keberangkatan pasukan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M UNIFIL TA 2020 di Batam, Kepulauan Riau, hari ini.
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksda TNI ING Sudihartawan, mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono menghadiri Upacara Pemberangkatan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M UNIFIL TA 2020 di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/3/2021).Pemberangkatan pasukan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M UNIFIL TA 2020 yang akan berkontribusi dalam misi perdamaian dunia ini dilepas oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto.Pada misi tahun ini TNI mengirimkan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Abdul Haris. Keberangkatan KRI SIM-367 ini merupakan yang ke 3 kalinya dalam Satgas Maritim (MTF).Kemudian, Indonesia juga mengirimkan 1 unit Helikopter AS 565 Mbe Panther beserta 119 personel Satgas Maritim Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda XXVIII-M/UNIFIL
(United Nations Interim Force in Lebanon) yang akan bertugas selama 1 Tahun kedepan.Dalam sambutannya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto mengatakan, sejak tahun 2009 TNI telah mengirimkan kapal perang ke Lebanon. Hal ini merupakan kontribusi ke-13 dalam satgas maritim dibawah bendera PBB.“Sejak tahun 2009 TNI telah mengirimkan kapal perang ke Lebanon, hal ini merupakan kontribusi ke-13 dalam satgas maritim dibawah bendera PBB. Sedangkan tugas lain satgas ini adalah sebagai Duta Bangsa untuk memperkuat hubungan Diplomatik dengan negara sahabat, " ungkap Hadi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/3/2021).. Panglima TNI juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kasal, Pangkoarmada I dan Pangkoarmada II yang telah mempersiapkan satgas dengan baik. Dan kepada Dansatgas agar senantiasa menjaga Moril prajurit untuk selalu Disiplin.Sementara itu disela kegiatan, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang hadir didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono mengatakan, " KRI SIM-367 dalam mengemban misi MTF UNIFIL ini juga akan menunjukkan profesionalisme TNI AL  yang diakui dan sejajar dengan angkatan bersenjata negara-negara lain pada misi PBB di Lebanon atau Troops Contributing Countries (TCC)" ungkapnya.Sedangkan Pangkoarmada II Laksda TNI Sudihartawan menyampaikan bahwa selama penugasan nanti KRI SIM-367 ini akan memberikan kontribusi kepada Maritime Task Force/UNIFIL mulai dari pelaksanaan patroli rutin, latihan bersama baik dengan Lebanese Armed Forces (LAF) - Navy maupun unsur-unsur Maritime Task Force/UNIFIL lainnya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid -19.Dalam kesempatan ini Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto didampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.I.P dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, secara simbolis melepas tali KRI SIM-367.