Begini Tampang Sangarnya Macan Dahan Pemangsa 5 Ekor Kambing Milik Warga

Begini Tampang Sangarnya Macan Dahan Pemangsa 5 Ekor Kambing Milik Warga (Foto VIVA)
Begini Tampang Sangarnya Macan Dahan Pemangsa 5 Ekor Kambing Milik Warga (Foto VIVA) (Foto : )
Tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) resor Limapuluh Kota dan Agam, Sumatra Barat, berhasil menangkap seekor Macan Dahan.
Binatang buas ini sejak beberapa hari terakhir sudah memangsa Lima ekor kambing milik warga yang tinggal di area perkebunan Ateh Padang, Jorong Sikabu-kabu, Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Limapuluh Kota.Seperti dikutip dari
VIVA.co.id , menurut Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar, Khairi Ramadhan, timnya berhasil menangkap satwa liar dilindungi yang memiliki nama latin Nebulosa Diardi itu dalam hitungan jam.Hewan noktural sejenis kucing yang aktif berburu mangsa pada malam hari itu, masuk kedalam Box Trap atau kandang jebak sekira pukul 18.30 WIB, Kamis (4/3/2021) sore kemarin.“Kandang jebak itu kita pasang pukul 17.00 WIB sore kemarin. Pukul 18.30 WIB nya, Satwa ini masuk ke kandang jebak. Di dalam kandang jebak itu, kita pasang umpan satu ekor kambing. Berhasil tertangkap kurang dari 2 jam,” kata Khairi Ramadhan, Jumat (5/3/2021).Khairi Ramadhan menjelaskan, dalam upaya penangkapan satwa itu, pihaknya juga melibatkan warga setempat. Warga, diajak untuk mengangkat dan memasang kandang jebak.Dalam kesempatan itu, BKSDA juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga kelestarian ekosistem satwa liar yang dilindungi.Kemunculan satwa liar yang dilindungi ke pemukiman warga kata Ade, sebagian besar juga dipicu akibat ulah manusia.“Perambahan hutan dan perburuan pakan yang berlebihan, menjadi salah satu pemicu ekpana satwa-satwa itu kemudian turun atau mendekati pemukiman warga. Bahkan, memangsa ternak warga. Untuk itu, kita juga memberikan pemahaman kepada warga. Mari bersama-sama menjaga kelestarian habitat satwa-satwa ini,”ujar Khairi.Khairi menambahkan, setelah dilakukan observasi dan dipastikan dalam kondisi sehat, maka pihaknya memutuskan untuk melepasliarkan kembali Macan Dahan tersebut ke habitatnya pada hari ini juga. Untuk lokasi, dirahasiakan guna menghindari perburuan liar.“Yang jelas, Macan Dahan ini akan dilepasliarkan kembali hari ini juga. Untuk loaksi, menyesuaikan,Kondisinya sehat,” tutup Khairi.