Tiga Pemain Terakhir Telah Gabung di TC Timnas SEA Games 2021

TC Timnas U-23 lengkap ada Osvaldo Haay
TC Timnas U-23 lengkap ada Osvaldo Haay (Foto : )
Tiga pemain terakhir telah gabung di TC Timnas SEA Games 2021. Anggota Timnas U-23 sudah lengkap untuk pertama kalinya setelah Osvaldo Haay, Rizky Pelu dan Braif Fatari bergabung bersama rekan rekannya.
Skuad tim nasional U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games 2021 Vietnam, berlatih dengan komposisi lengkap untuk pertama kalinya pada pemusatan latihan (TC) Februari 2021. Tiga pemain terakhir yaitu Osvaldo Haay, Braif Fatari dan Rizky Pellu sudah bergabung bersama rekan rekannya di Jakarta sejak Rabu, 17 Februari 2021.Dalam latihan yang digelar di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta,  pada Rabu (17/2) tercatat 36 pemain bisa mengikuti program latihan yang diberikan oleh Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.Sebelumnya TC Timnas U-23 di Jakarta baru diikuti 31 pemain saat latihan perdana TC Timnas mulai digelar di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021). Saat itu ada 6 pemain yang tidak bisa datang karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Shin Tae-yong kemudian memanggil Kahar Kalu Muzakkar dari Barito Putera.Salah satu pemain asal Papua Osvaldo Haay mengaku senang akhirnya dapat berlatih bersama dengan rekan-rekannya di TC Timnas U-23 sea Games Vietnam. Striker Timnas U-23 tahun lalu ini bertekad untuk cepat beradaptasi bersama rekan-rekan yang lain agar bisa meningkatkan fisik dan permainan secepatnya.Namun, pemain yang membela klub Persija itu menyadari dirinya mesti terus beradaptasi agar dapat menyusul kebugaran fisik rekan rekan lainnya yang sudah lebih dahulu bergabung bersama Timnas U-23 di Jakarta sejak 8 Februari 2021. Mereka sudh menja;lani latihan fisik dibawah pimpinan Shin Tae-yong dan sudah berlatih sejak 9 Februari 2021."Saya bertekad untuk cepat beradaptasi bersama rekan-rekan yang lain, harus meningkatkan fisik dan permainan. Kami bertekad memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia," kata Osvaldo.Hal senada juga diutarakan pemain PSM Rizky Pellu. Gelandan PSM Makassar yang dimasukkan ke skuat Timnas U-23 untuk menggantikan Tegar Infantrie ini mengaku siap memberikan yang terbaik bagi tim Garuda Nusantara."Bersyukur dipanggil dan menjalani latihan bersama timnas Indonesia. Saya akan bekerja keras dan berjuang maksimal demi meraih tempat di timnas Indonesia," tutur pemain berusia 28 tahun itu.Sebelumnya Shin Tae-yong memanggil 36 pemain untuk TC persiapan SEA Games 2021 tahap kedua di Jakarta pada 8-28 Februari 2021. Namun dalam prosesnya, pemain seperti Osvaldo dan Braif belum dapat bergabung sejak awal karena urusan masing-masing.Sementara nama lain yaitu Saddam Gaffar, Firza Andika dan Tegar Infantrie harus absen lantaran mengikuti kegiatan TNI Angkatan Udara. Mereka pun digantikan oleh Kahar Kalu Muzakkar, Muhammad Saddam Alfarid dan Rizky Pellu.[caption id="attachment_438762" align="alignnone" width="900"]
Braif Fatari sudah bergabung bersama para pemain Timnas U-23 di Jakarta Shin Tae-yong memanggil 36 pemain untuk TC persiapan SEA Games 2021 tahap kedua di Jakarta pada 8-28 Februari 2021 ( Foto : PSSI)[/caption]SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember 2021 di Vietnam. PSSI menargetkan medali emas dari ajang ini demi mengulangi prestasi serupa yang terakhir kali diraih pada tahun 1991.Namun tantangan berat harus dihadapi oleg Shin Tae-yong, karena tuan rumah Vietnam merupakan juara bertahan SEA Games 2019 di Filipina. Vietnam meraih juara SEA Games setelah di partai final mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak 3-0, dalam pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.Berdasarkan regulasi SEA Games tahun 2019, setiap tim cabang olahraga sepak bola putra wajib diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22) dan sebanyak-banyaknya dua pemain senior yang berumur di atas 22 tahun.