Impian Seiya da Costa Membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

Impian Seiya da Costa Membela Timnas Indonesia di Piala Dunia
Impian Seiya da Costa Membela Timnas Indonesia di Piala Dunia (Foto : )
Impian Seiya da Costa membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20. Pemain keturunan Indonesia Jepang ini berharap mendapat kesempatan untuk mengikuti TC Timnas U-19 dibawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.
Timnas U-19 asuhan Manajer Pelatih Shin Tae-yong kini menjadi sorotan banyak pihak karena akan mewakili bangsa Indonesia di ajang paling bergengsi yaitu Piala Dunia U-20 tahun depan. Masuk skuat Timnas U-19 kini menjadi impian semua pemain Indonesia yang berusia dibawah 19 tahun atau dibawah usia 20 tahun saat gelaran Piala Dunia U-20 dimulai dari Kamis, 20 Mei hingga Sabtu, 12 Juni 2021.Tidak hanya pemain local Indonesia yang ingin masuk skuat Timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong dalam rangka persiapan menghadapi Piala Asia U-19 DI Uzbekhistan maupun untuk Piala Dunia U-20 FIFA 2021 di Indonesia.Para pemain keturunan Indonesia juga sangat menginginkan mendapat kesempatan untuk mengikuti TC Timnas U-19 yang diselenggarakan PSSI dengan dibawah pimpinan Shin Tae-yong. Salah satinya adalah pemain muda Arema FC Seiya da Costa. Salah satu impian Seiya da Costa adalah ingin sekali membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.Namun impian Pemain Arema U-20 itu ternyata belum terwujud karena belum mendapat kesempatan dipanggil oleh Shin Tae-yong. Maklum Shin Tae-yong tidak bisa memantau pemain yang dibutuhkannya karena kompetisi Liga Indonesia terhenti akibat Pandemi Covid-19.Seiya da Costa merupakan pemain keturunan Jepang dan secara usia, Seiya masih berpeluang untuk bisa tampil menbela Timnas Merah Putih di ajang internasional tersebut. Pemain kelahiran Hiroshima, 30 September 2001 itu saat ini baru berusia 19 tahun dan belum bertambah saat gelaran Piala Dunia U-20 digelar 20 Mei hingga 12 Juni 2021.Sayang hingga saat ini namanya belum juga dipanggil untuk bergabung dalam pemusatan latihan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. Wakil Arema di sana baru ada satu pemain, yakni Titan Agung.“Ya. Bermain di Timnas Indonesia adalah salah satu impian saya. Titan sudah dipanggil mengikuti TC. Jadi, saya kini berlatih setiap hari kalau-kalau saya mendapat kesempatan bermain di Timnas,” kata Seiya seperti dirilis webside resmi Arema.
Seiya Pilih Timnas Indonesia Daripada Timnas Jepang Meski lahir di Jepang, Seiya menegaskan memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Karena itu, Timnas Indonesia menjadi prioritasnya daripada membela Timnas Jepang.Kedua orang tua Seiya merupakan WNI keturunan asal Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang punya garis keturunan tiga negara sekaligus. Bapaknya memiliki darah Portugis, sedangkan ibunya berdarah Jepang dan Cina.“Tapi, saya pilih Indonesia, karena saya sudah hidup sebagai orang Indonesia sejak saya lahir,” kata Seiya da Costa.Peluang Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Jepang dalam gelaran Piala Dunia U-20 2021 sangat mungkin terjadi. Seiya mengaku sangat senang jika mendapat kesempatan menghadapi Jepang dalam pertandingan tersebut.“Saya sangat senang tentang itu. Jika itu benar-benar terjadi, maka saya mungkin akan senang dan menangis (terharu),” tutur Seiya.