Shin Tae-yong terus mencari pemain terbaik untuk Timnas U-20

Gol Jack Alan Brown Timnas U-19 4-0 Hajduk Split Kroasia Elkan Baggott dan Pratama
Gol Jack Alan Brown Timnas U-19 4-0 Hajduk Split Kroasia Elkan Baggott dan Pratama (Foto : )
Shin Tae-yong terus mencari pemain terbaik untuk Timnas U-20. Manajer Pelatih Timnas Shin Tae-yong sudah mengantongi 9 nama pemain keturunan Indonesia untuk seleksi Timnas U-20.
Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong terus berburu pemain keturunan Indonesia guna mengatasi kekurangan yang ada di Timnas U-19. Shin Tae-yong dan jajaran pelatih dibantu pengurus PSSI terus melakukan penjajakan terhadap kemungkinan merekrut pemain keturunan yang memiliki skill mumpuni untuk diujicoba dalam skuat Timnas U-19.Seperti di ketahui hingga saat ini, Shin Tae-yong sudah mencoba empat pemain keturunan untuk mengikuti pemusatan latihan selama di Kroasia. Mereka terdiri dari pemain belakang asal klub Ipswick Town Inggris Elkan Baggott, dan striker Jack Brown dari klub Lincoln City Inggris.[caption id="attachment_393321" align="alignnone" width="900"]
Shin Tae-yong buru pemain keturunan Mereka terdiri dari pemain belakang asal klub Ipswick Town Inggris Elkan Baggott, dan striker Jack Brown dari klub Lincoln City Inggris. (Foto : PSSI)[/caption]Menjelang berakhirnya pemusatan latihan di Split Kroasia, dua pemain keturunan Jerman Kelana Mahesa dan Luah Mahesa datang bergabung. Kini setelah TC di Kroasia berakhir 26 Oktober 2020, semua pemain dikembalikan ke klubnya masing-masing.Manajer Pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya akan memanfaatkan waktu jeda untuk mencari pemain baru. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat skuatnya saat ini."Untuk pemain keturunan saat ini ada sembilan. Dari sembilan pemain itu dua diantaranya sudah ikut berlatih bersama kami sementara sisanya masih menunggu. Kami tidak bisa membuka identitas mereka. Kalau sudah ada keputusan, kami dan PSSI pasti akan terbuka," kata Shin Tae-yong.Ke-9 pemain yang sudah masuk dalam daftar pemain keturunan akan dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan lanjutan yang rencananya akan digelar di Belanda."Saat TC selanjutnya ada nanti beberapa pemain baru yang kami panggil. Tapi kami masih sulit untuk memantau serta melakukan seleksi karena kompetisi yang belum bergulir," tambah Shin Tae-yong.PSSI dan Manajer Pelatih Timnas Shin Tae-yong ingin melanjutkan program latihan Timnas U-19 di Belanda. Shin Tae-yong ingin sekaligus menjajaki kemungkinan besar untuk merekrut para pemain keturunan Indonesia di Eropa khususnya di Belanda.“Setelah ini mereka akan kembali TC ke luar negeri. Kami menjajaki Belanda dan Jepang tapi masih menunggu korespodensi dahulu. Kenapa Belanda? Karena banyak tim-tim bagus juga di sana. Mereka kan papan atas dunia juga. Lalu pelatih Shin Tae-yong juga menyampaikan banyak pemain keturunan di sana,” sambung Iriawan.Selain Belanda dan Jepang, PSSI juga membuka opsi TC ke Korea Selatan atau Australia. Dari empat negara itu, Belanda menjadi prioritas PSSI untuk menjadi tempat TC timnas U-19 selanjutnya.