Bocah 5 Tahun yang Operasikan Ekskavator di Ambon, Kini Viral Mendunia

Bocah 5 Tahun yang Operasikan Ekskavator di Ambon, Kini Viral Mendunia (Foto Tangkap Layar Video)
Bocah 5 Tahun yang Operasikan Ekskavator di Ambon, Kini Viral Mendunia (Foto Tangkap Layar Video) (Foto : )
Namanya Theo Paays, seorang bacah berumur lima tahun ini menyita perhatian publik karena aksinya. Aksi bocah usia 5 tahun itu kini viral mendunia.
Aksi Theo awalnya diketahui dari unggahan di Facebook memperlihatkan Theo sedang mengemudikan alat berat ekskavator. Theo tengah mengoperasikan alat berat itu di sebuah bentaran sungai di Kota Ambon.Bocah ini menjadi viral setelah sebuah video tentang aksinya tersebut beredar di media sosial pada Minggu, 4 Oktober 2020.Video berdurasi 4 menit 30 detik itu kemudian diunggah oleh akun atas nama Ayos Pattiasina.Video ini diambil di Desa Hutumuri, Kecamatan Leitimur, Kota Ambon, pada Minggu sore.Dalam caption-nya, Pattiasina menulis:"NAMANYA DEO PAAYS... USIANYA BARU 5 TAHUN... SUDAH BISA MENGOPERASIKAN ALAT BERAT EXCAVATOR.. DEO MEMBANTU WARGA MEMINDAHKAN BATU BESAR YANG MENGHIMPIT PIPA AIR MINUM WARGA.AKIBAT BANJIR SEMALAM DI KOTA AMBON TERLEBIH KHUSUS DI HUTUMURI... BERKAT BANTUANNYA KAMI SUDAH BOLEH MENIKMATI LAGI AIR BERSIH. TERIMA KASIH DEO... TUHAN BERKATI."Respon netizen pun bertanggar di kolom komentar. Mereka memuji aksi si Bocah. Misalnya pada akun bernama Meike Manuputty." Haleluyah!!! Nyong talenta laba b'limpah-limpah. Tuhan Yesus Berkati nyong Deo slalu jadi saluran berkat voor sesama manusia," tulis Meike dengan menambahkan beberapa emoji pedulinya.Selain itu, ada juga akun atas nama Ewalina Ewalina. Dalam komentarnya dia memuji keahlian si Bocah yang dianggap tak semua orang dewasa bisa melakukannya."Luar biasa, anak sekecil ini, bisa lakukan hal yg orang besar juga tdk bisa lakukan, hanya yg ahli saja. Tuhan Berkatih selalu," tulisnya.https://youtu.be/vBHZ729xxCcTernyata aksi Theo itu tidak hanya menuai decak kagum netizen tanah air. Setidaknya media berita seperti CGTN dari China dan Reuters dari Inggris mengulas aksi Theo itu.Dalam artikelnya, Reuters menulis (terjemahan):
"Boy, 5 tahun, mengoperasikan excavator di IndonesiaRekaman menunjukkan seorang anak laki-laki berusia lima tahun yang dengan terampil mengoperasikan ekskavator yang digunakan untuk memperbaiki kanal yang rusak.Tangan dan kaki Theo Paays mungkin kecil, tetapi cukup gesit untuk menggerakkan pedal dan tuas di dalam mesin besar di provinsi Maluku, Indonesia.Tetangganya, Marios Pattiasina, mengatakan bocah itu selalu berbakat mengemudikan kendaraan.Dia berkata: "Dia sangat bagus untuk usianya. Kami sedang memperbaiki kanal untuk musim hujan dan dia diminta oleh orang dewasa untuk menunjukkan keahliannya."