Evaluasi RD terhadap Latihan dan Ujicoba Bareng Arema FC

RD Minta Pemain Pelapis Cepat Merespon Tim saat Latihan Bareng Arema FC
RD Minta Pemain Pelapis Cepat Merespon Tim saat Latihan Bareng Arema FC (Foto : )
Evaluasi RD terhadap latihan dan ujicoba bareng Arema FC. Pelatih Madura United Rahmad Darmawan minta pemain pelapis cepat merespon tim agar bisa tampil lebih padu.
Madura United menggelar latihan bersama Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Rabu, (21/10) sore. Latihan bersama yang diakhiri dengan sesi game antara Arema FC dan Madura United tersebut akhirnya dimenangkan oleh Arema FC dengan skor akhir 4-3.Namun laga persahabatan tersebut dihentikan oleh pihak kepolisian pada menit ke 75 dalam posisi kedudukan sementara 4-3 untuk tuan rumah Arema FC. Hal ini cukup mengganggu kenyamanan kedua pelatih Arema FC Carlos Oliviera dan pelatih Madura United Rahmad Darmawan, yang menginginkan mereka bisa mengeksplorasi kemampuan para pemainya dalam ujicoba tersebut.Menanggapi hasil akhir tersebut, pelatih Madura United, Rahmad Darmawan memberi catatan untuk para pemainnya. Rahmad memberikan catatan khusus terutama untuk para pemain pelapis tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut.Pelatih yang akrab disapa RD itu meminta para pemainnya terutama pemain cadangan untuk cepat merespon strategi tim ketika mereka dipercaya tampil di lapangan. Hal ini sangat terlihat jelas oleh RD saat pemainnya kedodoran menghadang serangan Arema FC karena masuknya pemain baru.“Ya laga hari ini kita memang memberi kesempatan pada pemain yang selama ini menjadi pelapis untuk cepat mengcover pemain lain. Jujur hari ini memang saya banyak memberikan kesempatan pada pemain yang selama ini sedikit tampil,” ungkap RD, Rabu sore (21/10).[caption id="attachment_391471" align="alignnone" width="900"]
Arema FC Carlos Oliviera reposisi 2 pemainnya Carlos Oliviera mulai mencoba menggeser posisi para pemainnya saat latihan bersama dan laga uji coba bersama dengan Madura United Rabu (21/10/2020) lalu. Pada kesempatan tersebut Carlos Oliviera melakukan reposisi dua pemain Arema Bagas Adi dan Muhammad Rafli dalam formasi yang dimainkan. (Foto : Arema)[/caption]Eks pelatih PS TIRA itu membeberkan hasil evaluasi yang dilakukan jajaran pelatih Madura United terhadap penampilan laskar Sapeh Kerrab sehingga tertinggal 3-4. Kelemahan yang sangat mencolok mata adalah keterlambatan para pemain pelapis dalam memahami dan merespon strategi yang diterapkannya.Selain itu secara keseluruhan aspek permainan tim dievaluasi pasca latihan bersama tersebut.  Beberapa hal menjadi fokus perbaikan RD dalam mempersiapkan tim asal pulau Madura tersebut sebelum lanjutan Extraordinary Competition Liga 1 2020 kembali bergulir.“Saya rasa memang pemahaman terhadap pemain pelapis untuk cepat merespon tim yang utama. Tetapi tidak hanya itu, semuanya menjadi perhatian tidak hanya masalah komunikasi. Positioning dan attacking juga kita perhatikan seperti apa sebelum nanti kompetisi bergulir,” tandas Rahmad Darmawan.