Terungkap, Ini Tampang Pembunuh Para Jenderal TNI Saat Peristiwa G30S/PKI

Terungkap, Ini Tampang Pembunuh Para Jenderal TNI Saat Peristiwa G30S/PKI (Foto Kolase)
Terungkap, Ini Tampang Pembunuh Para Jenderal TNI Saat Peristiwa G30S/PKI (Foto Kolase) (Foto : )
Film semi dokumenter 'Penghianatan G30S/PKI' selama ini dianggap sebagai propaganda orde baru. Film yang berkisah pembunuhan para jenderal TNI itu, ada yang menganggap membelokkan sejarah.
Keberadaan Partai Komunis Indonesia atau PKI dan juga kabar kebangkitan partai yang pernah berdiri di Republik Indonesia itu, juga terus menuai silang pendapat.Namun ternyata ditemukan sebuah dokumenter di balik peristiwa pembunuhan terhadap para jenderal yang memperlihatkan beberapa pelaku. Mereka diduga sebagai pembunuh para Dewan Jenderal.Film dokumenter itu adalah buatan salah satu stasiun televisi Amerika Serikat, National Broadcasting Company. Mereka menampilkan sejumlah tokoh-tokoh PKI yang disebut-sebut sebagai dalang dari pembunuhan para Jenderal TNI.Video itu pun diunggah oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo di akun jejaring media sosial Twitter pribadinya @
KRMTRoySuryo2 .Dalam unggahannya, ia membagikan sebuah cuitan disertai video singkat berdurasi 2 menit 18 detik.Dalam kicauannya itu. Ia menulis sebuah keterangan yang menjelaskan bahwa video yang dibagikannya merupakan sebuah penggalan dari film dokumenter lama karya NBC.Roy Suryo pun mengaitkan film G30S PKI buatan Orde Baru dengan dokumenter tersebut.“Tweeps, menyimak Film Dokumenter lama dari NBC (National Broadcasting Company, AS) produksi th 1967 ini. Mungkin lebih bisa dipandang Obyektif apabila sampai sekarang masih ada pihak2 tertentu (?). Yg meragukan cerita di Film Pengkhianatan G30S/PKI produksi PPFN th 1982 itu.” tulias Roy Suryo.Terlihat dalam video itu salah satu tahanan politik yakni Kolonel Latief. Dalam narasi yang dijelaskan, ia disebut terlibat dalam percobaan pembunuhan Jendral Nasution.Berikut sejumlah sosok yang diduga menjadi pelaku pembunuh para Dewan Jenderal dalam peristiwa berdarah G30S:[caption id="attachment_383769" align="aligncenter" width="800"] Sosok Kolonel Latief. (Foto Tangkap Layar Video Twitter) Sosok Kolonel Latief. (Foto Tangkap Layar Video Twitter)[/caption]Dalam keterangan pada video itu, dijelaskan bahwa sosok tersebut merupakan Kolonel Latief yang mencoba membunuh Jenderal A.H Nasution. Ia diduga terlibat sebagai pengarah taktik operasi tersebut.“Ini Kolonel Latief yang mencoba membunuh Jenderal Nasution, terluka dalam pengejaran dan sekarang menunggu persidangan. Selama bergabung dengan gerakan, Latief sebagai pengarah taktik operasi,” jelasnya.[caption id="attachment_383771" align="aligncenter" width="800"] Begini Tampang Pembunuh Ade Irma, anak dari Jendral A.H Nasution. (Foto Tangkap Layar Video Twitter)