Misteri Wayang 200 Tahun Milik Sunan Pakubuwono IV. Tidak Boleh Difoto!

Misteri Wayang 200 Tahun Milik Sunan Pakubuwono IV. Tidak Boleh Difoto!
Misteri Wayang 200 Tahun Milik Sunan Pakubuwono IV. Tidak Boleh Difoto! (Foto : )
Tidak boleh difoto! Begitulah larangan yang selalu diingatkan oleh Abdi Dalem Museum Keraton Surakarta. Ya! Wayang ini milik Sunan Pakubuwono IV yang umurnya sudah 200 tahun. Ada juga yang tidak boleh difoto lainnya yaitu Kereta Kencana. Mengapa tidak boleh difoto?
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau populer juga disebut Keraton Solo punya museum yang menyimpan aneka benda pusaka, benda bersejarah, serta benda seni dan budaya.Lokasi museum berada di sebelah kanan Keraton utama. Sebagai informasi, karena pandemi Museum Keraton Surakarta masih ditutup dan akan diumumkan kalau nanti dibuka lagi.[caption id="attachment_381020" align="alignnone" width="900"]
Misteri Wayang 200 Tahun Milik Sunan Pakubuwono IV. Tidak Boleh Difoto! Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV[/caption]Nah, sambil menunggu buka, ada baiknya saya berbagi pengalaman saat mengunjungi museum ini beberapa waktu lalu.[caption id="attachment_381023" align="alignnone" width="900"] Misteri Wayang 200 Tahun Milik Sunan Pakubuwono IV. Tidak Boleh Difoto! Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV[/caption]Museum Keraton Surakarta menempati dua bangunan panjang yang disekat menjadi ruang-ruang. Dulu tempat ini dipakai untuk kantor para pegawai Keraton pada masa Sunan Pakubuwono X. Setelah tidak dipakai kantor lagi kemudian dipugar menjadi museum.Beruntung waktu saya ke sini saat itu, ada rombongan kecil yang dipandu oleh abdi dalem yang bertugas sebagai guide. Saya ikut nimbrung aja di belakang.[caption id="attachment_381025" align="alignnone" width="900"] Misteri Wayang 200 Tahun Milik Sunan Pakubuwono IV. Tidak Boleh Difoto!