Viral, Surat Nikah dan Cerai Presiden Soekarno dengan Bu Inggit Dijual Online

Viral, Surat Nikah dan Cerai Presiden Soekarno dengan Bu Inggit Dijual Online (Foto Kolase dari Instagram)
Viral, Surat Nikah dan Cerai Presiden Soekarno dengan Bu Inggit Dijual Online (Foto Kolase dari Instagram) (Foto : )
Viral, sebuah akun jual beli online di Instagram dengan tagline KAMI MENJUAL KEJUTAN, menawarkan surat nikah Presiden Soekarno dan Inggit Garnasih. Serta surat cerainya.
Surat nikah dan surat cerai Bung Karno dan Inggit itu ditawarkan kepada pembeli lewat akun @popstoreindo yang memiliki alamat di Bandung.yang membuat heboh adalah akun @popsotoreindo mengunggah foto dan keterangan yang bikin warganet bertanya-tanya. Akun itu menawarkan barang yang disebut bernilai sejarah, Rabu (23/9/2020).
"HARI INI MENDAPAT KEJUTAN YANG MEMBUAT SHOCK!! Seorang Bapak di Bandung menawarkan Surat Nikah & Surat Cerai Asli Presiden pertama RI: Ir. Soekarno & Ibu Inggit Garnasih.Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit.Saya kaget pas baca Dokumen Sangat Bersejarah ini. Baru tau juga ternyata yang jadi saksi cerainya Bung Karno & Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hadjar Dewantara & KH. Mas Mansoer.Bisa dicek di wikipedia, Ir. Soekarno menikah dengan Ibu Inggit Garnasih pada 24 Maret 1923 (Soerat Katerangan Kawin no. 1138), persis sama kan? ??Yang minat serius PM saya aja langsung & cek barang ke rumahnya.Harga Sangat Amat Mahal Super Fantastis!!! ." tulis admin dalam keterangannya. Akun tersebut komplet menyebut nomor telepon yang bisa dihubungi untuk melakukan transaksi.Postingan itu kemudian ditanggapi beragam oleh netizen. Ada sebagian yang menyayangkan tawaran penjualan itu, sebagian lain menyebut sah-sah saja.Netizen yang kontra menilai surat nikah Presiden Soekarno dan Inggit Ganarsih seharusnya disimpan di museum.Sementara itu, ada juga netizenĀ  yang membolehkan surat itu dimiliki kolektor pribadi, karena itu bersifat surat pribadi. Tidak berhubungan dengan kepentingan negara.https://www.instagram.com/p/CFesnD_gO1n/ Hasil penelusuran, pria dalam foto tersebut diduga adalah Tito Asmarahadi yang merupakan putra dari Ratna Djuami, keponakan Inggit.