Inilah Tips Ahli Kesehatan Buat Disinfektan Sendiri Hanya dengan 2 Bahan Ini

disinfectant-5093503_960_720 squirrel_photos
disinfectant-5093503_960_720 squirrel_photos (Foto : )
Ahli kesehatan menyebut cairan disinfektan ternyata bisa dibuat sendiri dengan mudah dan aman hanya bermodalkan cuka dan air. Mau coba?
Akhir-akhir ini penggunaan cairan disinfektan marak digunakan, lantaran disebut dapat membunuh virus corona (Covid-19). Kendati demikian, para peneliti juga mengingatkan jangan sembarangan menggunakan campuran bahan cairan disinfektan, dan melarang menyemprotkan langsung pada tubuhPenelitian juga menyebut, virus Covid-19 bisa bertahan di permukaan benda seperti besi, baja, kardus, hingga plastik selama berjam-jam. Sehingga penting sekali untuk membersihkan barang milik kita dengan disinfektan.Menurut ahli kesehatan lingkungan, Prof. Dr. Arif Sumantri, SKM. M.Kes. saat kondisi pandemi sekarang ini, membuat disinfektan sendiri bisa dilakukan di rumah dari bahan yang mudah didapat yaitu hanya dengan modal cuka dan air."Nah, inilah bentuk disinfektan yang alami, yang merupakan satu alternatif ketika dalam kondisi ini disinfeksi merupakan sebuah harga yang mahal. Disinfeksi jadi sebuah kelangkaan tapi tidak ada yang hal menjadi halangan di tengah kesulitan," kata Prof. Arif. seperti dikutip dalam tayangan video di kanal YouTube @BNPB.Bagaimana cara membuatnya, simak tutorial singkatnya,Bahan dasar:1/2 cangkir cuka putih (suling)1/2 gelas air12 sampai 24 tetas minyak esensial (kemangi, kayu manis, cengkeh, kayu putih, jeruk nipis)Cara membuat :
  1. Pilih salah satu atau kombinasi minyak esensial
  2. Tambahkan cuka dan air
  3. Ditambahkan minyak atsiri
  4. Tambahkan minyak esensial ke botol sprayer
  5. Kocok botol
  6. Label botol
  7. Simpan di tempat aman
Prof. Arif menambahkan, agar efektif, pengaplikasian disinfektan tidak bisa sembarang. Kita wajib membersihkan benda dari debu terlebih dahulu sebelum disemprotkan."Sebelum menyemprotkannya ke media yang akan di disinfeksi, maka dilakukan yaitu satu pembersihan cleaning agar media yang pasti dilakukan disinfeksi itu benar-benar bersih dari debu. Setelah dibersihkan baru kemudian di bilas didisinfeksi, dibersihkan dengan lap microfiber," jelasnya.