Ketut Liyer, Dukun Tradisional Bali, Langganan Para Turis Asing

Ketut Liyer, Dukun Tradisional Bali, Langganan Para Turis Asing
Ketut Liyer, Dukun Tradisional Bali, Langganan Para Turis Asing (Foto : )
Ketut Liyer adalah seseorang Balian, dukun tradisional Bali yang meramal Elizabeth Gilbert serta mengajarkannya ilmu kebatinan Bali. Elizabeth Gilbert adalah seorang novelis. Salah satu karyanya adalah novel Eat, Pray, Love. Ketika novel itu diwujudkan menjadi sebuah film, nama Ketut Liyer semakin terkenal.
Novel Eat, Pray, Love berkisah tentang perjalanan hidup novelis bernama Elizabeth Gilbert. Elizabeth diceritakan berkelana ke beberapa negara. Salah satunya Indonesia. Pulau Bali adalah pilihannya. Di sinilah Elizabeth mengenal Ketut Liyer. Dari dukun tradisional Bali inilah Elizabeth belajar ilmu kebatinan Bali.Ketika novel Eat, Pray, Love diwujudkan dalam film yang berjudul sama pula tahun 2010, Ketut Liyer makinlah popular. Elizabeth Gilbert diperankan Julia Robert.[caption id="attachment_368947" align="alignnone" width="900"]
Ketut Liyer, Dukun Tradisional Bali, Langganan Para Turis Asing Foto: YouTube / Hans Smeekes[/caption]Ketut Liyer sendiri memang seorang dukun tradisional Bali, ‘traditional healer’, penyembuh tradisional, seorang ‘Balian’. Rumah tinggalnya di Jalan Raya Pengosekan, Ubud menjadi ramai dikunjungi. Ada yang penasaran ingin diramal, ada pula yang memang benar-benar berkonsultasi.Peramalan yang dilakukan Ketut Liyer adalah unik.Bagian kepala terutama wajah pasien, dibaca. Kepribadian pasien akan diungkap melalui pengamatan dari alis, mata, hidung, bibir, senyuman, lirikan.Guratan pola garis pada telapak tangan dijelaskan satu-persatu. Demikian pula pada otot lengan, nadi, serta urat. Juga, bagian tengkuk pasien serta kaki dan telapak kaki.Keberadaan Ketut Liyer tentu menjadi kekayaan dan penambah daya tarik mistisme Pulau Dewata Bali.