Stok Terbatas dan Ramai Diburu, Begini Cara Mendapatkan Uang Baru Rp75.000

Stok Terbatas dan Ramai Diburu, Begini Cara Mendapatkan Uang Baru Rp75.000 (Foto Instagram)
Stok Terbatas dan Ramai Diburu, Begini Cara Mendapatkan Uang Baru Rp75.000 (Foto Instagram) (Foto : )
Begini cara mendapatkan uang baru Rp75.000 yang diterbitkan Bank Indonesia khusus menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia.
Penerbitan uang rupiah khusus oleh Bank Indonesia ini, menjadi momen langka mengingat Bank Indonesia biasanya mengeluarkan rupiah edisi khusus berbentuk koin.Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, uang peringatan kemerdekaan RI ini merupakan persembahan kebahagiaan kepada masyarakat Indonesia.Untuk itu, masyarakat Indonesia bisa memperoleh dan menukarkan uang rupiah edisi khusus yang dicetak terbatas ini."Masyarakat dapat memperoleh uang peringatan kemerdekaan ini melalui mekanisme penukaran uang rupiah Rp 75.000. Kami telah distribusikan uang kemerdekaan ke seluruh kantor-kantor Bank Indonesia," kata Perry dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).Ada cara yang perlu diperhatikan untuk bisa menukarkan uang. Perry bilang, penukaran uang perlu melakukan pemesanan secara online terlebih dahulu.Pemesanan dilakukan di aplikasi Pintar yang telah disiapkan hari ini."Secara online melalui aplikasi Pintar yang kami siapkan per hari ini, sejalan dengan protokol Covid-19," ujar Perry.https://www.instagram.com/p/CD-7PXPh3HJ/Adapun uang kertas Rp 75.000 itu didominasi oleh warna merah, putih, dan hijau. Tema dan makna filosofisnya adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.Tema ini digambarkan melalui desain mata uang yang meliputi halaman muka, dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta. Pencapaian pembangunan Desain dilengkapi pula dengan berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia.Beberapa yang digambarkan, di antaranya adalah jembatan, MRT, dan Tol Trans-Jawa. Pada halaman belakang mata uang, bermakna memperteguh kemerdekaan.[caption id="attachment_362684" align="aligncenter" width="900"]
Uang Edisi Khusus HUT ke-75 RI Uang Edisi Khusus HUT ke-75 RI[/caption]Desainnya meliputi sejumlah anak berpakaian adat mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia. Diselipkan pula motif tenun Nusantara, yang diwakili tenun dari Bali, batik kawung dari Jawa, serta songket khas Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian.Di halaman belakang pula, yang memiliki makna menyongsong masa depan gemilang pada era digital, digambarkan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.Begitu pula dengan peta Indonesia emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global. Sementara itu, gambar anak-anak memakai pakaian tradisional menggambarkan SDM unggul.