Verstappen Juara Karena Faktor Ban Kalahkan Hamilton dan Bottas

20200810_054326
20200810_054326 (Foto : )

antvklik.com - Max Verstappen mengakui bahwa ia sama sakali tidak menyangka mampu mematahkan kemenangan beruntun Mercedes musim ini. Ia mengatakan di seri balapan Grand Prix peringatan 70 tahun Formula 1 karena menggunakan ban keras. Verstappen mengawali lomba di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (9/8/2020), dengan ban kompon hard, strategi yang berlawanan dengan Mercedes yang menggunakan medium di dua slot start terdepan.

Pirelli kali ini membawa kompon ban yang lebih lunak untuk mengantisipasi insiden pecah ban seperti yang terjadi pekan lalu di sirkuit yang sama. Saat itu Hamilton menjuarai balapan dengan ban depan kiri yang pecah hingga finis.

Verstappen paham peluangnya memanfaatkan perbedaan ban itu adalah lewat start yang bagus dan dia melakukannya ketika melewati mobil Racing Point Nico Hulkenberg untuk mengambil posisi ketiga di tikungan pertama. Dari sana, Verstappen terus menekan duet Mercedes di stint pertama balapan sepanjang 52 putaran itu.

Dia bahkan diinstruksikan oleh tim untuk menahan diri. Tekanan itu akhirnya membuahkan hasil karena dua mobil Mercedes itu mendapati ban mereka melepuh ketika berusaha menjaga kecepatan mereka tetap tinggi.

Verstappen mampu menjaga degradasi bannya seminimal mungkin untuk mengamankan kemenangan pertama bagi Red Bull musim ini, dan kemenangan di Inggris sejak terakhir kali juara di Silverstone pada 2012. "Saya tidak mengira," kata Verstappen."Setelah stint pertama, kami sepertinya sangat baik dengan ban.

Tentunya, ada tanda tanya: 'bagaimana Mercedes melaju dengan ban itu?' "Tapi kami sangat cepat dengan mobil ini, aku tidak terlalu memiliki masalah dengan ban, kami terus menekan. Hasil yang luar biasa menang di sini, ini hari yang luar biasa, semua bekerja sangat baik, kami memiliki strategi yang tepat, semuanya berjalan mulus dan aku sangat senang bisa menang."

Ban hard yang dipakai Verstappen sejak awal membawanya memimpin lomba dan bertahan hingga lap ke-26 sebelum pitstop untuk berganti ban medium -- Bottas mengganti bannya di lap 13 dan 32 dan Hamilton di lap 14 dan 41.