Begini Lantunan Kumandang Adzan Terakhir Bilal bin Rabbah

Begini Kumandang Nada Adzan Terakhir Bilal bin Rabbah
Begini Kumandang Nada Adzan Terakhir Bilal bin Rabbah (Foto : )
Adzan yang dikumandangkan Bilal bin Rabbah dipercaya adalah adzan merdu yang abadi. Bagaimanakah merdunya nada adzan versi Bilal? Bagaimana pula nadanya? Apakah Bilal mempunyai nada sendiri saat mengumandangkan adzan di masa Nabi Muhammad? Kini, masih bisakah kita mendengar lantunan nada adzannya Bilal?
Adzan selalu berkaitan dengan lantunan nada-nada indah. Setiap muadzin dunia punya versi nada indah tersendiri untuk melantunkan tanda telah masuknya waktu salat.Ada banyak nada yang dipakai oleh para muadzin dunia. Diantaranya, nada Nahawan, nada Syika, nada Bayyati, nada Rosh dan masih banyak lagi. Namun yang paling legendaris adalah kumandang adzan Bilal bin Rabbah (580–640 Masehi).[caption id="attachment_358605" align="alignnone" width="900"]
Begini Kumandang Nada Adzan Terakhir Bilal bin Rabbah Foto: Ilustrasi Jagatnatha | ANTV[/caption]Bilal bin Rabbah adalah muadzin pertama yang mengumandangkan adzan atas perintah Nabi Muhammad.Mengapa Bilal? Bukankah dia seorang budak?Ya! Bilal adalah seorang budak berkulit hitam dari Habsyah (sekarang Ethiopia) yang masuk Islam ketika masih menjadi budak. Bilal kemudian dimerdekakan oleh Abu Bakar.[caption id="attachment_358601" align="alignnone" width="600"] Begini Kumandang Nada Adzan Terakhir Bilal bin Rabbah Foto: SyafQ Komik, Azan Terakhir Bilal Bin Rabah, Maret 2020.[/caption]Bilal dipilih Nabi Muhammad untuk mengumandangkan adzan karena suaranya lantang. Semasa Rasulullah SAW hidup, setiap hari Bilal mengumandangkan azan.

Muadzin kedua adalah Abdullah bin Ummi Maktum, seorang buta namun mempunyai suara lantang pun indah.