Arteta Temukan Formula Jitu Bangunkan Arsenal dari Tidur Panjang

20200719_100323
20200719_100323 (Foto : )

Manajer Arsenal Mikel Arteta bangga timnya mampu menyingkirkan Manchester City 2-0 di semifinal FA Cup di Wembley, London, Ahad dini hari (19/7/2020). Kemenangan itu membuat Arsenal mengalahkan dua tim juara bertahan masing-masing kompetisi hanya selang tiga hari.

Sebelumnya skuat Arteta menundukkan Liverpool, juara Liga Premier. "Saya sangat senang hari ini. Bisa mengalahkan City di semifinal dan itu membuat kami mengalahkan dua tim elit Eropa dalam kurun waktu tiga atau empat hari, sangat membanggakan," kata Arteta.

Arsenal menyingkirkan City menuju final Piala FA berkat dua gol Pierre-Emerick Aubameyang. Menurut Arteta, kemenangan ini karena ia sudah menemukan formulasi jitu membangunkan Arsenal dari tidur panjang. Tidak dirinci formula itu.

Arteta mengungkapkan bahwa kunci kemenangannya adalah tidak terputusnya aliran bola dari belakang ke lini tengah dan dari tengah ke depan. "Saya sangat berterima kasih kepada para pemain atas upaya yang mereka lakukan, penampilan yang mereka perlihatkan dan padunya antarlini," ujarnya.

Arsenal menanti pemenang laga semifinal Manchester United kontra Chelsea Senin dini hari. Kemenangan kontra City di semifinal bak ulangan skenario FA 2016/17 ketika mereka akhirnya menundukkan Chelsea di final. Jika Arsenal kembali juara, Meriam London memegang rekor sebagai kampuin terbanyak FA Cup, 13 kali juara.