Barcelona Kalahkan Espanyol dalam Derbi Catalunya dengan Skor Tipis

suarez
suarez (Foto : )

Barcelona menang Derbi Catalunya dengan skor tipis 1-0 atas Espanyol di pekan ke-35 La Liga di Stadion Camp Nou, Kamis (9/7/2020).

Gol Luis Suarez tak hanya menangkan Barcelona, namun juga mengirim Espanyol ke kompetisi Segunda Division musim mendatang. Espanyol dipastikan terdagradasi. Espanyol terpuruk di dasar klasemen tak mampu menambah koleksi 24 poin.

Pun jika memenangi tiga laga sisa, tim besutan Francisco Rufete itu hanya bisa finis dengan posisi terbaik di urutan ke-18 atau tetap di zona degradasi. Barcelona kini menabung 76 poin, tiga poin ini membuat mereka memangkas jarak dari Real Madrid yang masih unggul satu poin, 77, dalam persaingan gelar juara.

Hanya saja, jarak itu bisa melebar lagi mengingat Los Blancos baru memainkan pekan ke-35 dua hari lagi. Sejak awal pertandingan berjalan timpang Espanyol memarkir 10 dari 11 pemain di belakang garus serang. Strategi negative football itu sempat menjanjikan kesuksesan ketika Adri Embarba melakukan tusukan dan melepaskan tembakan ke arah gawang yang dihalau kiper Marc-Andre ter Stegen dengan kakinya.

Barcelona mengambil kendali penuh permainan, sayangnya tendangan bebas Lionel Messi masih tipis di atas mistar gawang dan sepakan Suarez masih membentur Fernando Calero. Di babak kedua, juru taktik Barcelona Quique Setien memasukkan Ansu Fati, tetapi talenta muda itu cuma bertahan lima menit di atas lapangan sebelum diusir wasit karena melanggar Calero.

Wasit Jose Luis Munera awalnya memberikan kartu kuning, tetapi ia meninjau tayangan ulang VAR dan menaikkan hukumannya jadi kartu merah. Belum sempat Espanyol memanfaatkan ketimpangan jumlah pemain, mereka malah harus kehilangan Pol Lozano pada menit ke-53.

Pelanggaran Lozano terhadap Gerard Pique awalnya juga dihadiahi kartu kuning, tetapi seperti kasus Fati, wasit melakukan tinjauan ulang bersama VAR dan menaikkan hukumannya.