Menyaksikan Nafas Dasamuka di Kawah Gunung Ungaran

Menyaksikan Nafas Dasamuka di Kawah Gunung Ungaran
Menyaksikan Nafas Dasamuka di Kawah Gunung Ungaran (Foto : )
Nafas Dasamuka. Begitulah masyarakat lereng Gunung Ungaran menyebutnya. Cerita rakyat di sini mengisahkan, gunung yang diangkat Hanoman untuk menimbun kepala Dasamuka atau Rahwana adalah Gunung Ungaran. Kawah yang sampai sekarang terus mengeluarkan suara menderu dan berasap itu adalah nafas Rahwana. 
Masyarakat desa di negeri kita ini punya banyak kisah. Mereka menyebutnya legenda, atau cerita rakyat. Di jaman itu cerita yang ditularkan lewat budaya tutur sangat dipercaya bahkan diyakini.
Mungkin bagi masyarakat sekarang itu tidak masuk akal. Sama halnya orang di masa tahun 80-an akan menganggap gila jika ada yang cerita, suatu saat nanti bisa telpon-telponan video langsung pakai alat sebesar sabun sambil buang air besar.
Tapi itulah yang terjadi. Setiap generasi punya eranya sendiri-sendiri.
Kembali ke cerita rakyat. Beberapa waktu lalu saya trekking tipis-tipis di lereng selatan Gunung Ungaran. Tepatnya di kawasan wisata purbakala Candi Gedong Songo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Klik maps saja, ikuti petunjuknya. Nggak akan di-PHP mbak google penunjuk arah karena jalurnya jelas.