Paksakan Nada Tinggi Saat Karaokean, Pembuluh Darah Wanita ini Pecah dan Nyaris Tewas

karaoke
karaoke (Foto : )
Seorang wanita berusia 55 tahun hampir mati setelah pembuluh darah di otaknya pecah ketika mencoba menarik suara dengan nada tinggi saat menyanyi di karaoke.
Wanita bermarga Zhang itu sedang menyanyi di karaoke bersama anggota keluarganya pada 5 Juni 2020.Namun ketika memaksakan nada tinggi, Zhang tiba-tiba berkunang-kunang dan merasa sakit kepala. Selain itu, Zhang juga merasa mual dan mulai muntah-muntah.Zhang segera dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Kota Dalian, Provinsi Liaoning, China Timur. Dokter kemudian melakukan CT scan terhadap Zhang.Hasil CT scan menunjukkan pembuluh darah sepanjang 2,5 milimeter di otak Zhang mengalami pembesaran (aneurisma) sebelum akhirnya pecah.Untuk menyelamatkan nyawa wanita itu, dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi yang memakan waktu selama dua jam.Dokter mengatakan bahwa Zhang kemungkinan sudah lama menderita aneurisma di otaknya meski tidak menunjukkan gejala apa pun.Disebutkan bahwa aneurisma bisa muncul akibat Zhang menderita tekanan darah tinggi dan diabetes. Akibatnya, ketika memaksakan nada tinggi saat nyanyi karaoke menyebabkan aneurisma di otaknya pecah.Meski korelasi nada tinggi dan aneurisma di otak belum jelas, memaksa diri seperti berteriak, menyanyi atau berbicara dalam kondisi ekstrem bisa menyebabkan perdarahan pita suara, yang juga melibatkan pecahnya pembuluh darah.MenurutĀ 
News Medical Life Sciences , perdarahan pita suara terjadi ketika pembuluh darah di pita suara pecah dan darahnya bocor ke superficial lamina propria (SLP).Hal ini akan mengganggu getaran pada pita suara dan biasanya menyebabkan gangguan suara yang parah (disfonia). Dengan kata lain, perubahan atau kehilangan suara mungkin merupakan tanda perdarahan pita suara.