Inilah Film Nasional yang Tembus Jagat Hollywood, Salah Satunya 'Gundala'

Inilah Film Nasional yang Tembus Jagat Hollywood, Salah Satunya 'Gundala' (Foto Istimewa)
Inilah Film Nasional yang Tembus Jagat Hollywood, Salah Satunya 'Gundala' (Foto Istimewa) (Foto : )
Bagi penggemar film action yang berteknologi tinggi, pasti akan mengatakan film produksi Hollywood lah 'jagoannya'. Namun nyatanya banyak juga film Nasional atau film-film action karya sineas Indonesia, juga memiliki kualitas yang tidak dapat dipandang remeh
.Aktor laga Joe Taslim pernah mengatakan jika film-film action produksi Asia termasuk Indonesia, lebih baik ketimbang buatan Hollywood.Salah satu alasan film action Indonesia patut diperhitungkan di luar negeri adalah karena para aktor dan aktrisnya benar-benar memiliki skill fight yang bisa memanjakan para penikmat film.Lain halnya dengan film Hollywood yang kebanyakan mengandalkan kecanggihan efek film atau CGI, walaupun ada beberapa aktor kawakan yang memang pernah mencoba sendiri adegan fight tanpa ada pemeran pengganti, seperti halnya Tom Cruise.Bagi yang belum tahu, pasti akan menganggap bahwa film garapan sineas Indonesia itu tidak seru, biasa saja dan kurang menarik jika dibandingkan dengan film-film Hollywood.Namun sejatinya anggapan itu keliru besar karena ada beberapa film action Indonesia yang sampai tembus ke perfilman Hollywood dan pernah mendapat penghargaan Internasional.Film apa saja? Ini dia:
1. 'Merantau' (Sutradara Gareth Evans - 2009). Film Indonesia pertama yang masuk dalam jajaran film berkualitas di dunia adalah "Merantau".Film ini bercerita tentang kehidupan Iko Uwais, seorang laki-laki dari Minangkabau yang sangat ahli bermain silat. Sebagai bagian dari tradisi, dia diharuskan untuk meninggalkan keluarganya demi mencari eksistensi dirinya di kota Jakarta. Film 'Merantau' memenangi Jury Award for Best Film pada ActionFest, North Carolina di 2010 lalu. 2. 'The Raid: Redemption' (Sutradara Gareth Evans - 2011). Film "The Raid: Redemption" bisa dibilang film Indonesia yang meraih paling banyak apresiasi dari dunia film internasional.Film ini dibintangi oleh Iko Uwais dengan sutradara yang sama di film Merantau yaitu Gareth Evans.