Liga Kembali Bergulir, Turki Yakin Bisa Gelar Final Liga Champions Musim Ini

Federasi Sepakbola Turki (TFF), percaya diri bakal sukses menggelar final Liga Champions 2019-2020 di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki
Federasi Sepakbola Turki (TFF), percaya diri bakal sukses menggelar final Liga Champions 2019-2020 di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki (Foto : )
Presiden Federasi Sepakbola Turki (TFF), Nihat Ozdemir, percaya diri Turki bakal sukses menjalankan tugasnya sebagai tuan rumah final Liga Champions 2019-2020. Partai puncak kompetisi antar klub Eropa itu bergulir di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, pada Agustus mendatang.
Nihat berharap, partai final Liga Champions tersebut akan menjadi penutup ideal buat gelaran kompetisi sepak bola di Turki pada musim ini.Tidak hanya soal kesiapan menggelar partai final Liga Champions, Nihat juga menyebutkan, kompetisi Liga Super Turki, Super Lig musim ini, akan dilanjutkan pada 12 Juni tanpa penonton dan berakhir pada 26 Juli.Liga Turki alias Super Lig Turki musim 2019/20 sempat ditangguhkan pada 20 Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Saat itu, Liga Turki baru menyelesaikan pekan ke-26, dari total 34 pekan, dengan menyisakan delapan pekan pertandingan.Trabzonspor dan Istanbul Basaksehir berada posisi puncak klasemen Super Lig Turki. Dua tim tersebut sama-sama mengemas 53 poin dan memiliki sisa tujuh pertandingan di musim 2019/20.''Insya Allah, kami akan menyelesaikan kompetisi liga pada akhir Juli mendatang. Kami akan menobatkan gelar juara di atas lapangan. Kemudian, kami akan menutup aktivitas sepak bola musim ini dengan menjadi tuan rumah partai final Liga Champions pada Agustus mendatang,'' kata Nihat, Rabu, 6 Mei 2020.Rencananya Liga Turki musim ini akan menggelar tujuh pertandingan pada akhir pekan dan satu laga pada tengah pekan. Tidak hanya itu, setiap klub juga akan menggelar laga di markas masing-masing tanpa ada perubahan venue pertandingan dan tidak akan menggelar pertandingan liga di satu kota tertentu.Sementara untuk gelaran partai final Liga Champions musim ini, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sempat menunda waktu penyelenggaran partai puncak Liga Champions untuk batas waktu yang belum ditentukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Covid-19.Sebelumnya, partai puncak Liga Champions musim ini direncanakan bakal digelar pada Mei. Akhirnya, pada bulan lalu, UEFA menargetkan bakal menggelar partai final kompetisi klub Eropa, baik Liga Champions ataupun Liga Europa, pada Agustus mendatang.Tidak hanya itu, UEFA juga tetap menunjuk Stadion Ataturk Olimpiade sebagai lokasi gelaran partai final Liga Champions. Stadion berkapasitas 75 ribu orang itu pernah menjadi tuan rumah partai final Liga Champions musim 2004/2005.Pada saat itu, Liverpool mampu menjadi juara Liga Champions secara dramatis usai menang via babak adu penalti, setelah sempat tertinggal 0-3 dari AC Milan.Pandemi virus corona (Covid-19) telah memaksa kompetisi Liga Champions dan Liga Europa musim ini ditangguhkan sejak Maret silam. Sementara itu, UEFA (Federasi Sepakbola Eropa) dikabarkan bakal mengumumkan nasib kompetisinya itu usai pertemuan pada 27 Mei mendatang.Sebelum ditangguhkan, kompetisi antarklub elite Benua Biru tersebut terhenti di leg kedua babak 16 besar. Selain itu baru empat tim yang merebut tiket perempat final, yaitu Paris Saint-Germain, RB Leipzig, Atalanta, dan Atletico Madrid.