Hati-hati! Uang Logam dan Uang Kertas Bisa Tularkan Corona Jika Terkontaminasi, Ini Kata WHO

frantisek_krejci
frantisek_krejci (Foto : )
Penularan virus corona Covid-19 melalui uang logam dan uang kertas bisa saja terjadi jika terkontaminasi percikan air liur dari orang yang terinfeksi.
WHO akhirnya menjelaskan soal penularan virus corona Covid-19 melalui uang logam yang dikhawatirkan banyak orang.Menurut WHO dalam penjelasannya di Twitter akun @WHOIndonesia, penularan virus corona Covid-19 bisa terjadi melalui tetesan cairan pernapasan tubuh orang yang sakit ketika bersin dan batuk.Tapi, virus corona Covid-19 juga bisa menular melalui permukaan yang telah terkontaminasi.Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sampai sekarang belum ada bukti untuk mengonfirmasi atau membantah bahwa virus corona Covid-19 bisa menular melalui uang logam dan uang kertas."Hingga saat ini belum ada bukti untuk mengonfirmasi atau membantah bahwa virus Covid-19 dapat menyebar melalui uang logam dan uang kertas," kata WHO melalui akun Twitter @WHOIndonesia.[caption id="attachment_316195" align="alignnone" width="653"]
Penjelasan WHO mengenai penularan virus corona Covid-19 melalui uang logam. (Foto:Twitter/@WHOIndonesia) Penjelasan WHO mengenai penularan virus corona Covid-19 melalui uang logam. (Foto:Twitter/@WHOIndonesia)[/caption]Tapi, perlu diingat bahwa percikan air liur dari orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 bisa mengontaminasi dan tertinggal di permukaan.Jadi, cairan ini mungkin bisa mengontaminasi uang logam dan uang kertas. Tetapi, belum diketahui lamanya bertahan hidup dan kemungkinannya bisa mengontaminasi atau tidak.Karena itu, WHO menyarankan semua orang mencuci tangan pakai air dan sabun secara teratur. Karena, cuci tangan adalah cara paling efektif mencegah penularan virus corona Covid-19.Cuci tangan juga wajib dilakukan setelah menyentuh permukaan atau benda-benda yang sering disentuh orang, seperti uang logam dan uang kertas.Selain itu, Anda perlu menghindari menyentuh mata, mulut dan hidung menggunakan tangan yang belum dibersihkan. Tetapi, lebih baik menghindarinya karena berisiko menularkan virus.