Kementerian PPPA: Hasil Survey, 98 Persen Anak Waspada Penyebaran Covid-19

Kementerian PPPA: Hasil Survey, 98 Persen Anak Waspada Penyebaran Covid-19
Kementerian PPPA: Hasil Survey, 98 Persen Anak Waspada Penyebaran Covid-19 (Foto : )
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyatakan, hasil survei Ada Apa Dengan Covid-19 (AADC-19) menunjukkan 98 persen anak waspada terhadap pandemi virus corona (covid-19).
Kementerian PPPA sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 menemukan fakta bahwa sebagian besar anak menjadi waspada terhadap wabah covid-19. Hal tersebut diperoleh berdasarkan survei Ada Apa Dengan Covid-19 (AADC-19) yang digagas melalui Forum Anak Nasional.Beberapa respon yang ditunjukkan tiap anak melalui survei tersebut berbeda-beda. Ada sebagian yang paranoid, merasa takut dan ada yang biasa saja dalam menyikapi covid-19. Bagi orang tua, hal itu patut diwaspadai karena dapat mengganggu psikologi anak bahkan bagi yang merasa biasa saja dapat membuat anak lebih tidak peduli dan abai terhadap anjuran pencegahan dari Pemerintah."Namun, ada juga yang merasa paranoid, takut dan biasa saja. Ini harus diwaspadai karena dapat mengganggu psikologisnya atau menganggap hal ini yang biasa juga akan membuat anak tidak peduli terhadap kondisi saat ini," ujar Sekretaris Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA Eko Novi Ariyanti di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (11/4/2020).
Survei AADC-19 dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi dan pengetahuan anak tentang covid-19, program belajar di rumah serta perasaan dan harapan anak dalam situasi saat ini. Pengumpulan data dilakukan melalui pesan berantai WhatsApp oleh jaringan pengurus forum anak seluruh Indonesia yang dilakukan selama empat hari yakni 26-29 Maret 2020.Dalam survei tersebut respondennya adalah anak-anak usia di bawah 18 tahun atau usia 8-17 tahun, dengan persentase terbanyak usia 14 tahun."Sebanyak 69 persen respondennya adalah anak perempuan, serta 31 persen adalah anak laki-laki," ucapnya. Dalam survei itu, diperoleh hasil bahwa 98 persen anak merasa bahwa covid -19 berpengaruh terhadap kebiasaan dan pola hidup yang bersih dan sehat. Kemudian, 74 persen anak melihat bahwa kondisi lingkungan di sekitar mereka masih banyak yang keluar rumah."10 persen anak mengetahui ada ODP, PDP dan positif covid -19 di  lingkungan mereka," katanya.Lalu, sebanyak 18 persen anak mengaku bahwa ada keluarganya yang bertugas sebagai tenaga medis covid -19, ini membuat anak memiliki reaksi bangga namun juga cemas."Hal ini membuat mereka cemas sekaligus bangga," katanya.