Khairuddin Barbarossa, Laksamana Muslim yang Dicemarkan Hollywood

Khairuddin Barbarossa, Laksamana Muslim yang Dicemarkan Hollywood
Khairuddin Barbarossa, Laksamana Muslim yang Dicemarkan Hollywood (Foto : )
Khairuddin Barbarossa. Laksamana Muslim nan perkasa ini telah “dibunuh” Hollywood. Dari laksamana penakluk Mediterania menjadi bandit konyol yang kejam! Laksamana muslim ini telah menjadi sosok lain! Tidak merujuk langsung namun nama dan kisahnya menggiring asumsi bahwa Hector Barbossa dalam The Pirates of Carribean adalah Khairuddin Barbarossa.
Banyak kisah nyata menjadi inspirasi produk film Hollywood. Tentu tidak bisa tergambar persis kejadian sebenarnya. Tidak menjadi soal jika setidaknya mendekati kisah aslinya. Namun celakanya jika apa yang tergambar dalam layar lebar Hollywood jauh dari kisah nyatanya. Menciptakan sudut pandang baru. Penghakiman karakter. Atau bahkan pembunuhan karakter seseorang. Khairuddin [Barbarossa] adalah contoh korbannya![caption id="attachment_272177" align="alignnone" width="900"]
Khairuddin Barbarossa, Laksamana Muslim yang Dicemarkan Hollywood Patung Barbarossa Hayreddin Pasha di kota Besiktas, Turki. [Foto: depositphotos][/caption]Khedr ibn Yacoub/Khair al-Din/Khairuddin bin Ya’kub adalah amir laut muslim. Salah satu legenda sejarah dan komandan armada Khilafah Utsmani (Ottoman). Bersama kakaknya bernama Arouj, Khairuddin dijuluki Barbarossa yang artinya Jenggot Merah. Orang-orang Italia yang menjulukinya.

Khairuddin lahir pada 1478 di pulau Lesbos (Mytilene/Madlali) di desa Palaiokipos, Yunani. Ia memiliki dua orang saudara perempuan dan tiga saudara laki-laki. Ketiga saudara laki-lakinya bernama Ishak, Arouj, dan Ilyas. Ayah mereka, Ya’kub bin Yusuf adalah veteran perang pada masa Sultan Muhammad al-Fatih. Ibu mereka adalah penduduk asli pulau itu. Keluarga itu menetap di Lesbos tak lama setelah penaklukkan pulau itu oleh pasukan al-Fatih di tahun 1462.

Arouj dan Ilyas yang pertama terjun di urusan perdagangan laut. Kemudian, setelah mendapatkan kapal sendiri, Khairuddin juga memulai karirnya di laut.

Islam Menguasai Eropa