Raih Perak di SEA Games 2019, Kurniawan Tangani Klub Liga Super Malaysia

Kurniawan Dwi Yulianto (pojok kanan) saat menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 Filipina
Kurniawan Dwi Yulianto (pojok kanan) saat menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 Filipina (Foto : )
Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Kurniawan Dwi Yulianto, resmi menjadi pelatih kepala klub Liga Super Malaysia, Sabah FA. Kurniawan Dwi Yulianto mengungkapkan dalam akun Instagram miliknya, @kurniawanqana, Jumat (20/12/2019).
Pria yang sempat menimba ilmu di tim Sampdoria Primavera itu mengungkapkan rasa syukurnya bisa bergabung dengan Sabah FA dan siap menghadapi tantangan di Liga Super Malaysia 2020.“Alhamdulillah. Semua pujian kepada Allah SWT karena memberi saya berkah, kekuatan, serta kesempatan karena hari ini saya secara resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala untuk Sabah FA," tulis Kurniawan."Terima kasih kepada SAFA untuk kesempatan ini dan insya Allah saya akan melakukan yang terbaik karena ini adalah tantangan baru bagi saya di
Malaysia Super League . Mohon doa semuanya. Jaya selalu untuk Sabah," tutup Kurniawan.Sabah FA bersama PDRM dan UiTM merupakan tim yang baru promosi ke Liga Super Malaysia 2020 mendatang. Sabah FA promosi ke Liga Super Malaysia setelah menjadi juara di Liga Premier Malaysia 2019 dengan raihan 43 poin dari 20 laga.Pemain berkepala plontos itu pun diberi tugas oleh manajemen Sabah FA membuat mereka tetap berada di kasta tertinggi setelah tujuh musim terakhir selalu berkutat di Liga Premier Malaysia.Setelah memutuskan pensiun sebagai pesepakbola profesional pada 2013, Kurniawan fokus mengejar lisensi kepelatihan. Saat ini, si Kurus memegang lisensi A AFC. Untuk menambah kualitas melatihnya, Kurniawan saat ini sedang mengambil lisensi kepelatihan AFC Pro.Sebelum menangani Sabah yang baru saja promosi ke Liga Super Malaysia, pria 43 tahun tersebut berstatus sebagai asisten pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23. Namun mendampingi Indra Sjafri, Timnas Indonesia U-23 hanya mampu meraih medali perak di SEA Games 2019.Bergabungnya Kurniawan Dwi Yulianto bersama Sabah FA bukan hal yang mengejutkan. Mantan striker Timnas Indonesia ini memang cukup familiar dengan Malaysia. Pemain yang akrab disapa Si Kurus ini pernah membela klub asal Negeri Jiran lainnya, Sarawak FA pada musim 2005-2006.Di Sabah FA, Kurniawan akan ditemani Sofie Imam, yang juga merupakan pelatih fisik Timnas Indonesia U-19 usai direkrut beberapa waktu yang lalu.