Hasil Liga 1 2019: Kalteng Putra Degradasi, Badak Lampung Tunggu Keajaiban

Striker Kalteng Putra, Patrich Wanggai tidak mampu menyelamatkan klubnya dari jurang degradasi usai ditahan imbang Persipura tanpa gol
Striker Kalteng Putra, Patrich Wanggai tidak mampu menyelamatkan klubnya dari jurang degradasi usai ditahan imbang Persipura tanpa gol (Foto : )
Kalteng Putra dipastikan menjadi tim pertama yang terdegradasi dari Liga 1 2019. Itu setelah, Laskar Isen Mulang bermain imbang tanpa gol saat menjamu Persipura Jayapura, di Stadion Tuah Pahoe, Kamis (12/12).
Perolehan poin dari Kalteng Putra sudah tak mungkin menyalip zona aman yang dihuni Persija Jakarta yang ada di posisi 15 klasemen, dengan 38 poin.Skuad arahan pelatih Gomes de Oliviera hanya mampu mengumpulkan 31 poin hingga pekan ke-32. Tim promosi dari Liga 2 2018 tersebut mencatatkan delapan kemenangan, tujuh kali imbang, dan 17 kali kalah dari 32 penampilan.Sementara itu posisi dari Badak Lampung makin sulit untuk keluar dari zona degradasi usai gagal meraih kemenangan dalam laga kandang terakhir musim ini kala menjamu Bhayangkara FC di Stadion Sumpah Pemuda, Kamis (12/12/2019) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-32 Liga 1 2019.Badak Lampung yang membutuhkan kemenangan atas Bhayangkara FC dalam upaya bertahan di Liga 1 dipaksa menyerah dengan skor 2-3 oleh tim tamu.Gol tuan rumah dicetak oleh Arthur Bonai pada menit kedelapan dan Akbar Tanjung (60'). Sedangkan gol dari Bhayangkara FC dicetak oleh Adam Alis (24'), Alsan Sanda (63'), dan Bruno Matos (82').Hasil ini membuat posisi dari Badak Lampung FC makin sulit untuk keluar dari zona degradasi. Mereka masih tertahan di peringkat ke-16 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan raihan 33 poin dari 32 penampilan. Sementara itu, Bhanyangkara FC naik dua peringkat ke peringkat 6 dengan raihan 47 poin.Badak Lampung FC harus menang di dua laga sisa jika ingin keluar dari jerat degradasi sembari berharap pesaing di papan bawah lainnya tergelincir. Tim asuhan pelatih Milan Petrovic ini selanjutnya melakoni dua laga tandang melawan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.