Kontingen Indonesia Kenakan Baju Adat di Pembukaan SEA Games 2019

Kontingen Indonesia kenakan baju adat di pembukaan SEA Games 2019
Kontingen Indonesia kenakan baju adat di pembukaan SEA Games 2019 (Foto : )
Kontingen Indonesia siap mengikuti pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11). Para atlet akan menggunakan pakaian adat dari sejumlah wilayah di Indonesia saat defile pembukaan.
Komandan kontingen (CdM) Indonesia Harry Warganegara mengatakan ada 200-300 atlet dan ofisial merah putih yang akan mengikuti acara upacara pembukaan SEA Games 2019. Harry mengatakan sebagian dari kontingen Indonesia akan mengenakan pakaian daerah. Sementara sebagian lagi hanya mengenakan stelan baju training. Tidak berkemeja atau memakai jas yang didisain khusus. Berbeda dengan kostum negara lain."Kita ingin tunjukkan bhinneka tunggal ika melalui pakaian adat. Nah, untuk atlet dan ofisial Indonesia lainnya pakai seragam," kata Harry, Jumat (29/11/2019). Harry menambahkan dirinya telah meminta kepada para atlet yang akan bertanding sehari setelah upacara pembukaan untuk tidak datang ke
Philippine Arena . Jika mau datang pun diimbau agar tidak ikut parade."Ikut parade pasti lelah dan waktunya lama, jangan sampai mengganggu dia kesiapan bertanding," kata Harry.Untuk pembawa bendera Merah Putih pada pembukaan, Harry telah menunjuk atlet polo air putra Ridjkie Mulia. Dia disebutkan Harry tidak akan mengenakan pakaian adat. Tapi, Harry berniat untuk memintanya mengenakan pakaian adat asal Papua.Ridjkie Mulia sendiri baru saja membawa timnas polo air putra memperoleh medali emas pertama SEA Games 2019 untuk kontingen Indonesia. Perolehan medali emas tersebut sekaligus memutus dominasi Singapura.Sebanyak 837 atlet Merah Putih akan tampil di 51 cabang olahraga. Ada 418 nomor pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara akan dipertandingkan.Adapun upacara pembukaan SEA Games akan berlangsung di Philippine Arena yang merupakan stadion indoor terbesar di dunia yang memiliki kapasitas sekitar 50 ribu penonton. Rencananya acara itu akan dibuka oleh Presiden Rodrigo Duterte. Atlet senam Filipina Carlos Yulo disebutkan bakal jadi pembawa obor.