Jokowi Soroti Perbankan yang Belum Turunkan Bunga Kredit

PRESIDEN01
PRESIDEN01 (Foto : )
Presiden Jokowi menyoroti perbankan nasional yang belum juga menurunkan suku bunga kredit. Padahal suku bunga Bank Indonesia sudah turun.
Dalam acara Indonesia Banking Expo 2019 di Jakarta, Presiden Joko Widodo menyinggung soal suku bunga perbankan yang belum juga turun. Padahal suku bunga Bank Indonesia atau BI Rate sudah turun sebesar 100 basis poin menjadi lima persen."Saya mengajak memikirkan secara serius untuk menurunkan suku bunga kredit.
Negara lain sudah 'turun-turun-turun'. Kita BI Rate sudah turun, banknya belum. Ini saya tunggu," tagih Jokowi, Rabu (6/11/2019). Menurutnya, penurunan suku bunga kredit penting untuk kelangsungan usaha mikro dan kecil."Kawal mereka yang mikro dan kecil-kecil ini. Gede banget jumlahnya, data saya, ada 60 juta (UMKM)," kata  Jokowi.Jokowi juga meminta pimpinan bank pemerintah dan swasta turun ke daerah-daerah seperti dirinya. Tujuannya agar mereka dapat melihat usaha kecil yang membutuhkan bantuan permodalan."Urus itu yang kecil-kecil yang ada di daerah, pelosok.  Datangi daerah-daerah. Jangan hanya berkantor di Jakarta. Buka cabang di Wamena. Jangan enggan turun ke bawah," kata Jokowi.Presiden juga meminta perbankan nasional persiapkan diri hadapi persaingan global di era digitalisasi. Menurutnya, semuanya harus bekerjasama dan jangan kerja sendiri-sendiri."Jamannya gini masih kerja sendiri. Hambur investasi." kata Jokowi lagi. Mahendra Dewanata & Agam Wifta Renal I Jakarta