Apa?! Everest bukan gunung tertinggi di dunia?! Bukan! Mauna Kea!

Apa?! Everest bukan gunung tertinggi di dunia?
Apa?! Everest bukan gunung tertinggi di dunia? (Foto : )

Apa nama gunung tertinggi di dunia? Pasti banyak orang menjawab Gunung Everest! Ternyata bukan! Gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Mauna Kea di Hawaii. Gak percaya? newsplus.antvklik.com – Ini semua gara-gara pelajaran di sekolah! Apakah si pembuat konten kurang riset atau mungkin cuma menjiplak? Entahlah!

Di buku selalu disebut-sebut Everest sebagai gunung tertinggi di dunia. Padahal, ada Gunung Mauna Kea di Hawaii yang jauuuh lebih tinggi dari Everest. Pertanyaannya, apakah ada puncak gunung yang lebih tinggi dari Everest? Lebih tinggi dari 8.848 meter? Kebanyakan menjawab tidak ada. Everest adalah gunung yang memiliki ketinggian nomor satu di bumi. Benarkah? Tidak! Gunung tertinggi di bumi ini adalah Mauna Kea.

Gunung ini berada di kepulauan Hawaii. Dianggap keramat dan disucikan. Dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa. Portal antara bumi manusia dan jagat maya para dewa maupun para leluhur. Dalam bahasa Hawaii, Mauna Kea berarti Gunung Putih. Puncak gunung ini tertutupi salju.  Pembangunan Thirty Meter Telescope di puncak Mauna Kea menelan biaya Rp19,5 triliun. (Foto: nature.org)[/caption] Mauna Kea memiliki ketinggian 4.205 meter di atas permukaan laut. Loh?! Bagaimana ceritanya jadi gunung tertinggi di dunia?

Everest aja 8.848 meter di atas permukaan laut! Memang puncak Mauna Kea jauh lebih rendah dari Everest. Tapiii … Mauna Kea menjulang tinggi mulai dari dasar Lautan Pasifik! Dari dasar hingga permukaan laut, Mauna Kea, tingginya sekitar 6.000 meter! Sedangkan dari permukaan laut hingga puncaknya setinggi 4.205 meter. Jadiii … total tinggi Mauna Kea adalah 10.205 meter! Jauh lebih tinggi dibandingkan Everest! Perbandingan ketinggian gunung-gunung tertinggi di dunia.[/caption] Mauna Kea adalah gunung yang hidup. Hidup? Ya, hidup! Hidup artinya gerak! Mauna Kea terus bergerak.

Begini, volume gunung Mauna Kea adalah 3.200 kilometer kubik. Sebagian besar masa gunung ini berada di puncaknya. Di puncak Mauna Kea ada gunung Mauna Loa. Mauna Loa tingginya 4.169 meter dari permukaan laut, hanya selisih 36 meter dari Mauna Kea. Namuuun … Mauna Loa termasuk gunung berapi tipe perisai dengan perkiraan volume sekitar 75.000 kilometer kubik. Jadiii … Mauna Loa terus menekan Mauna Kea.

Sehingga Mauna Kea menerus turun 0,2 milimeter per tahun. Puncak Mauna Kea dilihat dari sisi timur laut. Saat ini, Mauna Kea telah menjadi tempat bagi 13 teleskop pengkaji angkasa dan cuaca. Namun pembangunan teleskop raksasa Thirty Meter Telescope menuai banyak protes. Perbandingan tiga teleskop raksasa di dunia.[/caption] Selain Thirty Meter telescope yang sedang dirampungkan, ada 12 teleskop lain di puncak Mauna Kea, yaitu:

Caltech Submillimeter Observatory (CSO): Caltech