Kalahkan Sri Lanka Timnas Bola Voli Putri, Lolos 8 Besar Kejuaraan Asia 

20082019 timnas voli putri lolos 8 besarr
20082019 timnas voli putri lolos 8 besarr (Foto : )

Timnas bola Voli Putri Indonesia dipastikan lolos ke babak delapan besar Kejuaraan Bola Voli Putri Asia ke-20 yang berlangsung di Jamsil Studen's Gymnasium, Seoul, Korsel, Selasa (20/8), setelah mengalahkan Sri Lanka 3-0 (25-13, 25-15, 25-16).

Dengan menempati peringkat kedua di Grup D, di bawah Cina, timnas masuk  di grup F bersama Jepang sebagai juara Grup B dan runner-up Kazakhstan, serta Cina. Namun, Amalia Fajrina dkk. tidak lagi bertanding melawan Cina di babak kedua karena sudah bertemu di Grup D, di mana timnas kalah 0-3.

Tim asuhan Octavian ini akan tampil di babak delapan besar melawan Jepang, Kamis (22/8) besok. Selanjutnya, Jumat (23/8) berhadapan dengan Kazakhstan. Jika menang dua laga itu, maka timnas melaju ke semifinal dengan catatan Cina juga memenangkan dua laganya melawan Jepang dan Kazakhstan.

Turun di awal set pertama dengan formasi setter Tisya, Arsela, Amalia Fajrina, Ratri Wulandari, Hanny Budiarti, dan Wilda Siti Nurfadilah, tim yang disiapkan menuju SEA Games XXX Filipina menguasai permainan dengan tidak memberikan kesempatan kepada Sri Lanka.

Set pertama berakhir dengan 25-13. Pada set kedua dan ketiga, kembali anak-anak timnas tak memberi ampun lawannya. Set kedua berakhir dengan 25-15 dan ketiga 25-16. Timnas Bola Voli Putri, juga lolos ke babak kualifikasi Olimpiade untuk wilayah Asia, Januari 2020.

Pelatih timnas putri, Octavian mengatakan kemenangan tim asuhannya itu, karena bermain cukup baik. "Serangan anak-anak berjalan baik. Ini karena blok anak-anak cukup bagus.

Sehingga seranganpun bisa dilakukan anak-anak," ujar Octavian yang dihubungi lewat telepon internasional. Sebenarnya, tambah Octavian, melawan Cina sehari sebelumnya, timnas bermain bagus. "Hanya saja melawan Cina, kita kalah diblok," katanya.