Pentingnya Ajak Anak Usia Dini Ke Museum

paud
paud (Foto : )

antvklik -  Menumbuhkan rasa nasionalis pada anak usia dini itu sangatlah penting. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air anak usia Paud-TK (Pendidikan Usia Dini-Taman Kanak kanak) adalah dengan mengunjungi museum. Museum Nasional bisa menjadi pilihan para guru dan orangtua, karena berisi eduksi kebudayaan dan sejarah.

Dalam rangka memperingati 74 tahun Indonesia merdeka, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini menggelar kegiatan PAUD Goes to Museum, Rabu (14/8/2019). 1.000 siswa-siswi PAUD dan TK yang tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Bandung berkunjung ke Museum Nasional, Jakarta Pusat.

Siswa didamping oleh 200 guru, puluhan relawan sahabat museum dan sejumlah staf Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Museum Nasional. Direktur Pembinaan Pendidikan Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Hasbi mengatakan, kunjungan ke museum nasional untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Dengan tujuan, menanamkan karakter dan rasa nasionalis anak.

"Kegiatan siswa PAUD berkunjung ke museum bertujuan untuk penanaman karakter, budi pekerti, dan semangat cinta tanah air," ucap Muhammad Hasbi. Di museum, anak-anak diajak menelusuri benda-benda etnografi dari seluruh Indonesia, mendengarkan cerita dari para pemandu museum, mengikuti kegiatan permainan dan atraksi. Diakhir kunjungan para siswa mengikuti sejumlah kegiatan interaktif. Diantaranya: merangkai manik-manik, membuat souvenir dari tanah liat dan mewarnai gambar. Nugroho Dendy | Jakarta.