Gagal Lakukan Atraksi, Seorang Pesulap Tewas Terbakar

Gagal Lakukan Atraksi, Seorang Pesulap Tewas Terbakar
Gagal Lakukan Atraksi, Seorang Pesulap Tewas Terbakar (Foto : )

Budi terbakar saat mempertontonkan atraksi sulap api di Pentas Apresiasi Budaya Kampung Celaket, Kota Malang, Sabtu (27/6/2019). "Ada infeksi di punggung yang berpengaruh ke ginjalnya.

Kondisinya drop dan dinyatakan meninggal," kata teman dekat Budi Ayuga, Yongki Irawan, Senin (12/8/2019). Budi yang tampil dalam pertunjukan ketoprak, terbakar karena kesalahan teknis, karena biasanya almarhum memakai minyak tanah atau spiritus saat beraksi, namun entah mengapa, malam itu Budi memakai pertamax, ditambah laghi Budi juga tampil tanpa tim yang biasa mengiringinya.

Lebih jauh Yongki mengatakan, kondisi Budi saat dibawa ke rumah sakit sempat menunjukkan perbaikan. Namun, nasib berkata lain. Budi meninggal disebabkan infeksi di punggungnya yang menjalar hingga ginjal.

Sebelum dirawat di RSSA Kota Malang, Budi terlebih dahulu dirawat di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang. Imam Muslich, teman dekat Budi yang lain mengatakan, Budi dikenal sebagai sosok yang baik di kalangan seniman.

Dengan keahliannya sebagai pesulap, Budi kerap tampil dalam pertunjukan amal. "Saat kita bikin donasi untuk korban gempa, Mas Budi tampil melewati api," katanya.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang pernah menjenguk di RSSA menyatakan, kondisi terakhir seniman senior tersebut begitu stabil dan masih bisa diajak berkomunikasi.

"Kondisinya cukup stabil pasca-operasi di Lavalette, meski dengan luka bakar di kepala dan tangan yang saya lihat. Beliau masih berkomunikasi meski tidak maksimal," ujar Sofyan Edi Jarwoko.