Tangkuban Parahu Masih Erupsi, Jumat Pagi Semburkan Abu Vulkanik

tangkuban parahu
tangkuban parahu (Foto : )

Pada Jum'at pagi (9/8/2019) semburan abu vulkanik dan asap putih tebal muncul keluar dari Gunung Tangkuban Parahu.Terlihat dari jarak sekitar 7 kilometer asap putih tebal keluar dari Gunung Tangkuban Parahu, Subang, Jawa Barat.

Asap putih tebal muncul dengan ketinggian sekitar 200 meter dari dasar kawah. Selain itu semburan abu vulkanik masih terjadi di Gunung Tagkuban Parahu. Status Gunung Tangkuban Parahu masih di level dua atau waspada. Dengan level dua tersebut, jarak aman masih ditetapkan sejauh satu setengah kilometer dari kawah Ratu.

Petugas PVMBG, Gunung Tangjuban Parahu, Adzan mengatakan, berdasarkan kamera pemantau  di Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu milik Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG, terpantau ada asap putih tebal setinggi lebih kurang 200 meter dari dasar kawah.

Sementara abu vulkanik menyembur dengan ketinggian 80 hingga 100 meter, sedangkan untuk tremor masih fluaktif dengan amplitudo 50 milimeter. Sementara itu, terkait masih erupsinya Gunung Tangkuban Parahu, pengelola masih menutup kawasan Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu. Penutupan ini sudah berlangsung selama sepekan.