Imbas Skywalk Kebayoran Lama Berbayar, Pemprov DKI Akan Bangun JPO Gratis

Skywalk Kebayoran Lama (Foto : Antara)

Antv – Dinas Bina Marga DKI Jakarta berencana membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) di sekitar Skywalk Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Rencana pembangunan JPO tersebut imbas dari penerapan Skywalk Kebayoran Lama yang saat ini berbayar bagi masyarakat yang ingin melintas.

Sejumlah warga mengeluhkan kebijakan tersebut. Menurut warga, jika kebijakan berbayar sudah final, sebagian warga tidak mau melewatinya dan lebih memilih melintasi jalan di luar Stasiun Kebayoran.

Dengan kondisi desain skywalk yang cukup tinggi dan jaraknya jauh, membuat cukup melelahkan bagi pejalan kaki yang usianya sudah tidak muda lagi.

Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho mengatakan sebenarnya skywalk dan JPO berbeda fungsi. Kalau skywalk untuk digratiskan itu harus dikaji dulu sistem ticketing-nya antara Transjakarta dan KCI.

“Skywalk Kebayoran Lama mengintegrasikan Stasiun Kebayoran Lama dan Halte Transjakarta Kebayoran Lama koridor 8 dan Velbak, Jakarta Selatan,” kata Hari, saat dikonfirmasi VIVA.co.id, Selasa, 7 Februari 2023.

Hari menambahkan, JPO di sekitar skywalk itu dibangun untuk digunakan oleh masyarakat yang tidak menggunakan transportasi umum atau hanya sekedar untuk menyeberang jalan.