Jajanan Chiki Ngebul Kembali Memakan Korban Seorang Anak di Sleman

Jajanan Chiki Ngebul Kembali Memakan Korban Anak di Sleman (Foto : Ilustrasi-Andri Prasetiyo)

Antv – Seorang anak perempuan di Kalurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, diduga mengalami keracunan jajanan Chiki Ngebul (Cikbul). Bocah berusia 7 tahun itu mengeluhkan demam, pusing, dan muntah usai malam sebelumnya makan jajanan tersebut.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membenarkan adanya temuan kasus tersebut. Peristiwa terjadi pada Senin (9/1/2023) lalu, setelah anak tersebut membeli jajanan Cikbul dari suatu acara kesenian di Berbah.

"Awalnya dikira masuk angin, tapi kemudian anak ini muntah berwarna kuning dan hijau. Karena orang tua khawatir lalu dibawa ke Puskesmas Berbah," kata Kustini, Jumat (13/1/2023).

Setelah dilakukan pemeriksaan, jumlah sel darah putih atau leukosit pada tubuh anak tersebut mencapai 14.000. Jumlah ini terbilang melebihi batas normal.

Tim medis kemudian memberikan tindakan yang diperlukan terhadap anak tersebut. Menurut Kustini, kondisi anak tersebut saat ini sudah membaik dan bisa beraktifitas kembali.

"Kemarin juga dilakukan pemeriksaan kepada teman dan kakaknya, karena mereka juga mengonsumsi Cikbul, tetapi tidak ada gejala. Alhamdulilah, kondisi sang anak sekarang sudah baik dan bisa aktifitas lagi," ujar Kustini.

Pasca temuan kasus tersebut, Kustini langsung meminta Dinas Kesehatan untuk menindaklanjuti. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi tentang kewaspadaan dini bagi masyarakat, sekolah dan pelaku usaha.