Akibat Tanah Longsor Satu Warga Meninggal di Karanganyar, Jawa Tengah

Tanah longsor di Sidomukti, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto : BNPB)

Antv –Satu warga meninggal dunia dilaporkan BPBD Karanganyar akibat tertimbun tanah longsor pada Jumat petang (23//20222). Peristiwa ini terjadi pada pukul 18.00 WIB.

Hujan lebat tidak hanya menyebabkan longsor tetapi banjir pada di satu kecamatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar telah mengevakuasi korban meninggal tersebut.

Kejadian longsor terjadi di Dusun Karanglo, Desa Sidomukti, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. BPBD setempat melaporkan hujan deras mengguyur kawasan itu sejak pukul 15.00 WIB.

Menurut informasi BPBD, tanah longsor juga menimpa beberapa titik di Kecamatan Jenawi, yaitu teridentifikasi di Dusun Nglebak, Desa Lempong.Tanah longsor merusak tempat tinggal dan talud di sekitar bangunan rumah warga.

Sedangkan banjir melanda beberapa kawasan di Desa Jati, Kecamatan Jaten. Peristiwa ini tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.Debit air akibat hujan lebat akhirnya merusak tanggul sungai.

Kondisi ini menyebabkan sejumlah rumah warga tergenang banjir. BPBD mencatat 53 KK yang rumahnya terendam banjir dengan ketinggian muka air antara 70 – 100 cm.

Merespons kondisi di daerahnya, tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Karanganyar bersama unsur terkait lain telah melakukan upaya-upaya darurat di lokasi bencana. Para personel berkoordinasi dengan pihak desa maupun kecamatan untuk mendapatkan informasi situasi di wilayah mereka.