11 Anak Meninggal Dunia Diserang Gagal Ginjal Akut Misterius di Bali

11 Anak Meningal Dunia Diserang Gagal Ginjal Akut Misterius (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Terungkap, 17 kasus gagal ginjal misterius ditemukan di Bali, 11 anak meninggal dunia akibat penyakit gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak itu. 

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Bali I Gusti Ngurah Sanjaya Putra menyebut terdapat satu kesamaan dari sebagian besar kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak. Khususnya yang dirawat di RSUP Ngoerah.

”Dari 17 orang yang ditangani, ini sementara dari banyak kasus memiliki keterkaitan satu sama lain, tapi belum dianggap sebagai penyebab. Karena ada MISC (Multisystem Inflammatory Syndrome in Children), banyak juga kasus yang sama di luar,” kata Sanjaya, seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/10/2022).

Dari hasil pemeriksaannya, sebagian besar anak penderita Acute Kidney Injury (AKI) misterius itu memiliki hasil tes antibodi positif. Sehingga, ada kemungkinan sebelumnya pasien pernah tertular Covid-19.

”Tes antibodinya positif, itu menandakan terbentuk antibodi alamiah, menandakan pernah menderita Covid-19 yang tidak diketahui orang tuanya, dan ini yang banyak kasusnya,” ujar Sanjaya, dokter RSUP Ngoerah itu.

Dari 17 pasien yang dirawat di RSUP Ngoerah sejak Agustus, enam di antaranya mengalami perburukan yang cepat, sehingga tak menjalani tes, sementara sisanya memiliki antibodi positif.

”Tapi, ada pasien yang negatif, kita ulang pemeriksaannya, karena gejalanya sama dan hasilnya tetap negatif. Sampai saat ini kita tidak bisa pastikan ini karena MISC, makanya disebut AKI misterius, karena dari yang baik-baik saja malah fungsi ginjalnya turun drastis,” tutur Sanjaya.